PNM Samarinda Kembangkan Potensi Daerah lewat Pelatihan Manik

Editor: Diah Anggraeni
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pelatihan Klasterisasi Sektoral Kerajinan Manik yang digelar PNM Cabang Samarinda di Gedung Kecamatan Samarinda Seberang.

TRIBUNKALTIM.CO - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) semakin aktif melakukan pemberdayaan melalui program pelatihan yang diberikan kepada perempuan ultra mikro yang diselenggarakan di Gedung Kecamatan Samarinda Seberang kepada 25 nasabah PNM.

Pelatihan ini dikenal sebagai sosialisasi antar nasabah PNM yaitu klasterisasi yang bertemakan "Pelatihan Klasterisasi Sektoral Kerajinan Manik" dan dihadiri oleh Yazdi Anugrah selaku Pemimpin Cabang Samarinda, Seksi Kebersihan dan Lingkungan Hidup dari kecamatan Samarinda Seberang, Siti Rachmah, S.STP., M.Si; dan Siti Hawa pemateri sekaligus perajin tali kur dan manik.

Industri ekonomi kreatif merupakan sektor usaha mikro kecil dan menengah yang potensi dikembangkan bagi perekonomian di Indonesia.

Baca juga: PNM Samarinda Dorong Nasabah Binaan untuk Majukan Usaha Melalui Digital Marketing

Maka dari itu, tugas PNM membantu pengembangan UMKM melalui aktivitas pelatihan dengan pembentukan klasterisasi kerajinan manik kepada ibu - ibu nasabah Mekaar dalam meningkatkan keterampilannya.

PNM semakin aktif melakukan pemberdayaan melalui program pelatihan yang diberikan kepada perempuan ultra mikro. (HO/PNM)

Pada kesempatan kali ini, nasabah PNM diajak untuk mengembangkan keterampilannya lewat pelatihan manik, kali ini Siti Hawa sebagai narasumber akan memberikan ilmunya untuk membuat dompet manik, tas model serut dan souvenir berupa bunga manik.

Dengan adanya pelatihan ini, nasabah PNM diharapkan dapat meningkatkan kualitas produknya dan dapat membuat berbagai variasi produk dari bahan dasar manik, sehingga dapat bersaing di pasar untuk membantu kehidupan keluarga agar lebih baik.

Pemimpin Cabang PNM Samarinda, Yazdi Anugrah mengatakan bahwa "Melalui pelatihan PKU kami berharap ibu-ibu usahanya dapat semakin berkembang dan dapat membantu ekonomi keluarga".

Baca juga: 17 Anak Nasabah PNM Samarinda di Bontang Diberi Bantuan WiFi dan Paket Gizi

Sebagai informasi, hingga 30 November 2022 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 162,92 T kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 13,5 juta nasabah.

Program pelatihan yang diberikan kepada perempuan ultra mikro yang diselenggarakan di Gedung Kecamatan Samarinda Seberang kepada 26 nasabah PNM. (HO/PNM)

Saat ini, PNM memiliki 4.138 kantor layanan PNM Mekaar dan 638 kantor layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 34 provinsi, 422 kabupaten/kota, dan 5.640 kecamatan. (*)

Berita Terkini