Berita Berau Terkini

Bupati Berau Minta JPT Pratama yang Dilantik Prioritaskan 18 Program

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pelantikan JPTP baru oleh Bupati Berau Sri Juniarsih. TRIBUNKALTIM.CO/HO/Dispusib Berau

TRIBUNKALTIM.CO,TANJUNG REDEB- Bupati Berau, Sri Juniarsih yang melakukan rotasi Jabatan Pimpinan Tertinggi Pratama (JPTP) pada 3 jabatan yang belum memasuki waktu 2 tahun.

Bupati Berau beberapa waktu lalu telah melakukan rotasi kepada Kepala Dinas Koperasi, Industri dan Perdagangan, Kepala Kebangpol dan Sekwan DPRD Berau.

Kendati begitu, Menurut Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKPP) Berau, Sri Eka mengatakan, yang menjadi dasar rotasi JPTP adalah Surat Edaran MENPAN-RB Nomor 52 Tahun 2020 tentang pelaksanaan pengisian jabatan pimpinan secara terbuka dan kompetitif di lingkungan instansi pemerintah dalam kondisi kedaruratan kesehatan masyarakat corona virus disease 2019 (Covid-19).

Memang menurut Eka, rotasi di tahun ini sering terjadi terutama pada JPTP, setelah beberapa terisi dengan seleksi.

Baca juga: Tingkatkan Ekonomi Kerakyatan, Bupati: Pengelolaan Objek Wisata di Berau Sudah Berjalan Baik

Baca juga: Gubernur Isran Tutup Porprov VII Kaltim di Berau, Pembinaan Atlet Jangan Sampai Kendor

Sebelumnya dibeberkan eka, aturan dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara pasal 116 ayat 1 menyebutkan, bahwa Pejabat Pembina Kepegawaian dilarang mengganti Pejabat Pimpinan Tinggi selama 2 (dua) tahun
terhitung sejak pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi.

"Untuk mutasi internal dan eksternal dapat dilakukan jika telah menduduki JPT selama minimal 1 tahun setelah dilantik, begitu bunyi aturannya, hal itu boleh karena mengikuti surat edaran dan itu ada di dalamnya," tegasnya kepada Tribunkaltim.co Jumat (9/12/2022).

Eka juga menegaskan, keputusan melakukan rotasi dan mutasi memang menjadi wewenang dari Bupati Berau, dengan pertimbangan tersendiri.

Sementara itu, Bupati Berau Sri Juniarsih mengatakan sebelumnya berharap agar pemimpin OPD yang telah dilantik, untuk dapat melaksanakan tugas yang telah dipercayakan dengan sebaik baiknya.

Serta membangun kebersamaan dan sinergisitas dengan seluruh stakeholder.

Terutama meminta kepada pimpinan OPD untuk terus memberikan perhatian serius dalam melaksanakan 18 program prioritas Pemkab Berau, target hingga akhir 2023 mendatang.

Baca juga: BPKAD Berau Bakal Lelang Kendaraan Dinas, Demi Meminimalisir Biaya Operasional

“Program yang telah masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah ini dapat dituntaskan. Kita harus terus semangat mewujudkan program prioritas yang telah ditetapkan,” tegasnya.

Ia juga mengingatkan kebijakan yang diambil tentunya diharap bisa membawa Berau menjadi lebkh baik.

“Kita semua adalah keluarga besar dan kita harus selalu kompak,” pungkasnya. (*)

 



Berita Terkini