Pernikahan Kaesang dan Erina

Surya Paloh Absen di Pernikahan Kaesang-Erina, Pengamat Sebut Sinyal Balasan dan Kode untuk Jokowi

Editor: Ikbal Nurkarim
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Surya Paloh absen di pernikahan Kaesang-Erina, pengamat sebut itu sebagai sinyal balasan dan kode untuk Jokowi.

TRIBUNKALTIM.CO - Surya Paloh absen di pernikahan Kaesang-Erina, pengamat sebut itu sebagai sinyal balasan dan kode untuk Jokowi.

Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis (TPS), yang juga pengamat politik Agung Baskoro, menilai Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh tampaknya ingin membalas dendam terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal itu merespons ketidakhadiran Surya Paloh pada pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono pada Sabtu (10/12/2022) besok.

Menurut Agung, ketidakhadiran Paloh merupakan sinyal bahwa ia juga bisa memberikan kode-kode politik kepada Jokowi.

Baca juga: Surya Paloh Tidak Hadiri Pernikahan Kaesang - Erina, Rocky Gerung: Tak Ingin Bertemu Megawati?

"Pertama, ini sinyal balasan (dendam) dari Surya Paloh bahwa ia bisa pula memberikan kode-kode politik kepada Presiden Jokowi karena saat ini ia adalah Ketum partai sekaligus salah satu King Maker di Koalisi Perubahan Indonesia (KPI)," kata Agung kepada Tribunnews.com, Jumat (9/12/2022).

Selain itu, Agung juga menilai ketidakhadiran Surya Paloh juga bisa menjadi pertanda bahwa KPI semakin mengkristal sebagai Koalisi yang serius digalang oleh NasDem, Demokrat, dan PKS.

"Sehingga, setiap tindak-tanduk Presiden Jokowi harus pula memberi ruang/dukungan yang sama kepada jagoannya poros ini, yakni Anies Baswedan. Ini penting agar kebijakan/program mercusuar Presiden Jokowi tetap bisa dilanjutkan," ujarnya.

Namun, ia menegaskan menteri NasDem di Kabinet Indonesia Maju berpotensi direshuffle apabila aksi saling balas kode tersebut terus dilakukan.

"Ketiga, aksi saling balas kode semacam ini, bisa berdampak langsung bagi masing-masing. Bagi NasDem berisiko direshuffle dan sebaliknya bagi Jokowi ini membuat barisan oposisi menguat," ucap Agung.

Baca juga: Isi Suvenir Pengajian dan Siraman Erina Calon Istri Kaesang Pangarep, Pakai Vendor Tetangga

Surya Paloh Absen di Pernikahan Kaesang

Berbeda dengan tokoh-tokoh lain seperti mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Paloh justru dipastikan absen pada pernikahan putra Jokowi, Kaesang.

Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik DPP Partai NasDem, Charles Meikyansah mengatakan Paloh telah menyurati Jokowi perihal ketidakhadirannya.

"Bapak Surya berkirim surat ke Pak Jokowi dan ucapkan selamat untuk kedua mempelai dan keluarga besar Presiden Jokowi," kata Charles dalam keterangan tertulisnya, Kamis (8/12/2022).

Menurut Charles, Paloh tak menghadiri pernikahan putra Jokowi itu dikarenakan sedang berobat ke luar negeri.

Halaman
12

Berita Terkini