MUI Kaltim Umumkan Idul Adha 6 November

Ketua MUI Kaltim Hamri Has mengumumkan tanggal 6 November Hari Raya Idul Adha 1432 H kurang lebih seminggu lagi.

MUI Kaltim Umumkan Idul Adha 6 November
TRIBUNKALTIM/NEVRIANTO
Ketua MUI Kaltim Hamri Has.
SAMARINDA, tribunkaltim.co.id- Ketua MUI Kaltim Hamri Has mengumumkan tanggal 6 November Hari Raya Idul Adha 1432 H  kurang lebih seminggu lagi pelaksanannya, Sabtu (29/10/2011).
             
Ia mengimbau pada umat muslim untuk menyambut  hari raya Idul Adha sekaligus mendoakan jamaah haji yang sedang beribadah haji supaya jadi Haji yang mabrur.

Mabrur maksudnya  yakni orang yang melaksanakan haji dengan baik dari awal sampai akhir.

Dianjurkan sejak sore sampai malam warga umat muslim  memperbanyak takbir dari tanggal 10 Zulhijah atau 6 November sampai hari tasyrik (hari yang ke tiga) pada tanggal 13 Zulhijjah atau 9 November.

Kurban mengingatkan kita hikmah kesabaran peristiwa nabi Ibrahim dengan anaknya Ismail. Ketika nabi merindukan punya anak sekian lama hingga umur 83 tahun dalam kehidupan rumah tangga yang dibina bersama sang istri  Siti Hajar.

Setelah lahir berumur 17 tahun Ismail sang anak  dikorbankan demi mentaati perintah Allah SWT. Pada Hadist yang diriwayatkan oleh Hadist Riwayat Ahmad dan Ibnu Majah, barang siapa mendapatkan kelapangan rizki dari penghasilannya lalu dia sayang, tidak berqurban, maka janganlah dia mendekati tempat sholat kami (tempat sholat ied)Kurban Hukumnya Sunnah Muakkad (sangat dianjurkan) setiap tahunnya minimal 1 kambing dari uang pribadi bersangkutan.

Lebih lanjut Hamri Has mengingatkan  pada umat muslim berkurbanlah atas nama pribadi.Tidak berqurban  atas bama instansi pemerintah tanpa kesepakatan dari masing masing pegawai, karyawan.

Bila menggunakan uang pemerintahan tanpa kesepakatan maka tidak bisa dikatakan berkurban.Hewan kurban diutamakan untuk fakir miskin yang diutamakan.

Batas akhir penyerahan kurban yakni dari sekarang untuk berkurban sampai sebelum terbenamnya matahari hari ketika tanggal 13 Zulhijah, 9 November 2011

Penulis: Nevrianto
Editor: Reza Rasyid Umar
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved