TribunKaltim/

Bagi Orangtua, Wajib Tahu Sindrom Kepala Datar pada Bayi

Sindrom kepala datar terjadi saat bayi baru lahir yang masih memiliki tulang tengkorak yang “empuk” lalu berbaring telentang untuk waktu yang cukup la

Bagi Orangtua, Wajib Tahu Sindrom Kepala Datar pada Bayi
net
Orangtua Perlu Tahu Sindrom Kepala Datar Pada Bayi 

TRIBUNKALTIM.CO - Para ahli merekomendasikan bayi untuk tidur telentang sebagai posisi tidur teraman untuk mencegah sindrom kematian bayi mendadak (SIDS).

Namun, ada satu kelemahan pada posisi tidur ini, yaitu risiko sindrom kepala datar atau plagiocephaly. Seberapa buruk kondisi kepala datar pada bayi?

Sindrom kepala datar terjadi saat bayi baru lahir yang masih memiliki tulang tengkorak yang “empuk” lalu berbaring telentang untuk waktu yang cukup lama sehingga kepalanya tidak terbentuk dengan benar.

Selain posisi tidur, sindrom kepala datar juga terjadi saat kepala bayi tetap rata ketika diletakkan di jok mobil, kereta bayi dan gendongan bayi.

Beberapa bayi mengalami sindrom kepala datar bahkan sebelum kelahiran, terutama di antara kehamilan jamak karena karena bayi-bayi bersempit-sempitan di dalam rahim, menurut Kids Health.

kepala datar pada bayi
kepala datar pada bayi (net)

Kekhawatiran orangtua bisa dipahami karena bentuk kepala datar pada anak tidak sedap dipandang.

Sebagian besar lebih mencemaskan masalah estetika atau kosmetik ketimbang masalah perkembangan otak serius Dalam beberapa kasus ekstrem, sindrom ini dapat menimbulkan masalah kesehatan, menurut Daily Record.

"Plagiocephaly dapat menyebabkan masalah oftalmologis (pada organ mata)," kata seorang dokter anak, Dr. Maidenberg kepada media berita tersebut.

"Bayi mungkin akan mengalami masalah rahang dan memiliki risiko terkena semacam infeksi telinga bernama glue ear yang lebih tinggi."

Bayi dengan sindrom kepala datar dibuatkan sebuah helm khusus untuk memastikan pembentukan asimetris terhadap kepala kecilnya.

Halaman
12
Editor: Ayuk Fitri
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help