TribunKaltim/

Tren Bepergian dengan Kereta Api Terus Menanjak, Destinasi Mana yang Habis Diserbu Pembeli?

Bepergian dengan menggunakan kereta api kini menjadi pilihan favorit bagi sebagian orang.

Tren Bepergian dengan Kereta Api Terus Menanjak, Destinasi Mana yang Habis Diserbu Pembeli?
Kompas.com/Muhlis Al Alawi
Inilah kereta premium milik PT Kereta Api Indonesia buatan PT INKA yang akan digunakan untuk mengangkut penumpang mudik lebaran tahun 2017. 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Bepergian dengan menggunakan kereta api kini menjadi pilihan favorit bagi sebagian orang.

Tren bepergian ke beberapa daerah menggunakan kereta api pun terus menanjak.

"Tren pengguna baru tahun 2016 tadinya 10 persen tapi di 2017 jadi 15 persen. Jadi kita terus tambah kereta, terutama di relasi favorit, tambah rute perjalanan juga," kata Bambang Eko Martono, Plt Direktur Komersial PT KAI, saat konferensi pers KAI Travel Fair di Jakarta Railways Centre, Rabu (26/7/2017).

Baca: Mau Dapat Tiket Murah Kereta Api? Begini Cara Mendapatkannya di KAI Travel Fair

Lonjakan penumpang baru tersebut terjadi pada rute-rute favorit. Bambang Eko merilis rute yang paling signifikan ialah Jakarta-Bandung pulang-pergi yang sebelumnya 40 persen, kini kenaikan rute tersebut mencapai 50 persen.

Baca: Kecilnya Imut-imut, Saat Remaja seperti Pecandu Narkoba, Bagaimana Penampilan Macaulay Culkin Kini?

Selain itu ada relasi Jakarta-Semarang, Jakarta-Yogyakarta, dan Surabaya. Ketiga relasi favorit tersebut berlaku pulang-pergi, dan selalu habis diserbu saat promo.

Pihak KAI menduga relasi-relasi tersebut menjadi favorit karena beberapa hal, terutama ketepatan waktu tempuh. Jarak yang tidak terlalu jauh dan tepatnya waktu tempuh menjadi pertimbangan utama.

"Selain time consuming yang jelas dan singkat, pertimbangan lainnya pemandangan ke tujuan-tujuan itu menarik," ujar Mungki Indriati, Vice President Komersial Marketing PT KAI.

Ia menambahkan, ada sebagian orang yang merasa lebih menikmati perjalannya dengan, kereta api. Para pengguna setia tersebut dinilai memiliki kedekatan dengan perjalanan kereta api.

"Alhamdulillah, sekarang mulai terlihat keunggulan menggunakan kereta api sebagai moda transportasi ke beberapa destinasi di Indonesia," kata Bambang Eko. (Kompas.com/Muhammad Irzal Adiakurnia)

Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help