TribunKaltim/

Balikpapan Perlu 4.500 Hewan Kurban

Proyeksi kebutuhan hewan kurban di Kota Minyak untuk Idul Adha tahun ini mencapai 4.500 ekor, yang terdiri dari 3.000 ekor sapi dan 1.500 kambing.

Balikpapan Perlu 4.500 Hewan Kurban
TRIBUN KALTIM/ARIDJWANA
Pedagang sapi kurban di kawasan Jl Straat III, Kampung Timur, Balikpapan Utara, Kalimantan Timur. 

BALIKPAPAN, TRIBUN -Hari Raya Idul Adha masih satu bulan lagi. Namun Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan (DPPP) Balikpapan sudah mempersiapkan stok untuk menyambut hari raya kurban nanti yang diperkirakan jatuh pada tanggal 1 September mendatang.

"Untuk menjaga pasokan hewan ternak menjelang hari raya Idul Adha, Balikpapan mengambil hewan ternak yang berasal dari Gorontalo, hal ini dinilai lebih murah sehingga lebih cepat terserap di pasar," kata Kepala DPPP Balikpapan Yosmianto.

Yosmianto mengatakan, untuk Balikpapan sendiri membutuhkan 4.500 hewan kurban. Ia pun sudah melakukan melakukan sosialisasi kepada para pertenak atau penjual hewan kurban.

"Proyeksi kebutuhan hewan kurban di Kota Minyak untuk Idul Adha tahun ini mencapai 4.500 ekor, yang terdiri dari 3.000 ekor sapi dan 1.500 kambing. Kalau stok di pedagang Balikpapan sampai saat ini ada 1.400 ekor sapi dan 400 ekor kambing," kata Yosmianto

Dari tahun sebelumnya, DPPP makan menyiapkan tim kurban untuk melakukan pengawasan terhadap hewan kurban yang ada di Balikpapan. "Baik hewan kurban dari luar Balikpapan, yang wajib melewati karantina sebelum diperjual-belikan," ujarnya

Karantina hewan kurban ini bertujuan untuk menjamin bahwa tidak ada penyakit yang dibawa oleh hewan kurban tersebut. "Untuk pedagang hewan kurban sendiri belum ada yang mengajukan izin, biasanya mendekati hari Raya idul adha, dua minggu sebelum hari raya," ungkapnya. (dha)

Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Adhinata Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help