TribunKaltim/

Ini Satu-satunya Kelompok Pengeluaran yang Tak Turun Harga Juli Lalu

Berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik (BPS), Kaltim mengalami inflasi sebesar 0,12 persen pada Juli, lalu.

Ini Satu-satunya Kelompok Pengeluaran yang Tak Turun Harga Juli Lalu
NET/GOOGLE
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Peningkatan harga pada kelompok pengeluaran pendidikan, rekreasi dan olahraga, membuat Kaltim kembali mengalami inflasi di Juli, lalu.

Berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik (BPS), Kaltim mengalami inflasi sebesar 0,12 persen pada Juli, lalu.

"Inflasi di Kaltim terjadi karena adanya peningkatan indeks harga pada beberapa kelompok pengeluaran dengan kenaikan tertinggi pada kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga yang alami inflasi 0,91%," kata Kepala BPS Kaltim, M Habibullah.

Kelompok pengeluaran lainnya tang turut memberi andil inflasi yakni pembelian makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau dengan andil 0,88 persen.

Disusul kelompok kesehatan yang berinflasi 0,33 persen.

Baca: Ngeri! 1 Kg Biskuit Rasa Narkoba Nyaris Beredar di Kaltim

"Berikutnya kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar dengan biaya yang harus dikeluarkan oleh masyarakat mengalami inflasi 0,28 persen dan kelompok bahan makanan berinflasi 0,27 persen serta kelompok sandang mengalami inflasi 0,10 persen," kata Habibullah.

BPS mencatat, satu-satunya kelompok pengeluaran yang mengalami deflasi adalah transportasi dan komunikasi yang memiliki andil minus 1,48 persen.

Baca: Dirampok di Thailand hingga Kesasar di India, Ini Kisah Pemuda yang Jalan Kaki Setahun ke Mekkah

Jika dirinci menurut dua kota di Kaltim yang ditetapkan pemerintah sebagai patokan Indeks Harga Konsumen (IHK), maka pada Juli 2017 Samarinda mengalami inflasi 0,60 persen dengan IHK 133,25. Sementata, Balikpapan justru mengalami deflasi minus 0,52 persen dengan IHK 134,08. (*)

Penulis: Rafan Dwinanto
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help