TribunKaltim/

Lengkapi Fasilitas Internet di Ruang Terbuka Hijau

Karena itu, penambahan fasilitas internet ini jga harus dibarengi dengan pengawasan, sehingga tidak disalahgunakan.

Lengkapi Fasilitas Internet di Ruang Terbuka Hijau
istimewa
Free WiFi 

TRIBUNKALTIM.COM, TANJUNG REDEB - Pemkab Berau melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), menandatangani kerjasama dengan PT Telkom, untuk penyediaan jaringan internet di sejumlah taman. Kepala DLHK, Zulkifli mengatakan, penambahan fasilitas jaringan internet merupakan salah satu poin penilaian untuk memperoleh piala Adipura.

“Awalnya kami bermaksud menyurati PT Telkom untuk membantu penyediaan jaringan internet. Tapi ternyata, mereka sudah berinisiatif untuk memasang fasilitas itu di sejumlah taman yang dikelola oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan,” ungkapnya, Rabu (27/9).

Zulkifli juga mengatakan, penambahan fasilitas jaringan internet ini nantinya akan berguna bagi para pengunjung taman, seperti Taman Cendana yang selama ini dimafaatkan masyarakat untuk rekreasi dan juga kegiatan belajar-mengajar oleh para pelajar dan praktisi pendidikan setempat.

Karena itu, penambahan fasilitas internet ini jga harus dibarengi dengan pengawasan, sehingga tidak disalahgunakan.

“Kami menempatkan petugas untuk berjaga di taman, untuk mencegah taman digunakan sebagai tempat mesum dan jangan sampai fasilitas internet ini juga disalahgunakan,” tegasnya.

Arif Suhartono, Manajer Service PT Telkom wilayah Kaltara yang juga membawahi Kabupaten Berau memastikan, jaringan internet yang disediakan telah dilengkapi dengan filtering atau pembatasan akses.

“Kami menerapkan aturan yang diberlakukan pemerintah, melalui Kominfo, menyampaikan situs apa saja yang tidak layak untuk diakses. Ribuan situs sudah diblokir, sehingga jaringan yang disediakan kami pastikan aman,” ujarnya.

Ditambahkannya, PT Telkom telah menyediakan fasilitas internet nirkabel di sejumlah titik. “Jumlah pastinya saya tidak tahu, tapi sudah ada puluhan. Dan saat ini kami akan menambah 11 titik lagi,” ungkapnya.

Tidak hanya fasilitas internet, jaringan internet ini juga diikuti dengan fasilitas yang memadai untuk menambah kenyamanan pengunjung taman dan pengguna internet yang disediakan oleh PT Telkom.
“Kami siapkan tempat duduk, meja dan dilengkapi atap, sehingga lebih nyaman untuk pengunjung,”

katanya lagi. PT Telkom, kata Arif juga terbuka untuk kerjasama dengan Pemkab Berau, terutama penempatan fasilitas wifi di Ruang Terbuka Hijau (RTH), perkantoran pemerintah maupun sekolah.
“Sehingga keberadaan Telkom di wilayah ini juga bisa memberikan manfaat lebih untuk masyarakat,” tandasnya. (*)

Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Ahmad Bayasut
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help