TribunKaltim/

Petir Sambar Panel PLTD Hingga Meledak

Untuk kelancaran pekerjaan tersebut akan dilakukan pemadaman listrik pada Sabtu mulai pukul 08.00 sampai dengan selesai

Petir Sambar Panel PLTD Hingga Meledak
Handover
Mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Sungai Bilal, Kecamatan Nunukan. 

TRIBUNKALTIM.CO, NUNUKAN - Selain mendapatkan jadwal pemadaman bergilir selama enam jam, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero, Sabtu (14/10) akan memberikan 'bonus' pemadaman kepada warga di sejumlah kawasan.

Manajer PT PLN Persero Rayon Nunukan, Nur Hidayat mengatakan, pemadaman sejak pukul 08.00 tanpa bisa diprediksi waktu selesainya itu, harus dilakukan karena perbaikan jaringan saluran udara tegangan menengah (SUTEM) Express Fedder 20.000 volt. Pekerjaan dilaksanakan di Jalan Mansapa.

"Jaringan ini terputus karena tersambar petir pada, Kamis 12 Oktober 2017 pukul 17.17. Untuk kelancaran pekerjaan tersebut akan dilakukan pemadaman listrik pada Sabtu mulai pukul 08.00 sampai dengan selesai," ujarnya, Jumat (13/10/2017) melalui surat kepada Pemerintah Kabupaten Nunukan yang ditembuskan kepada Tribun Kaltim.

Terputusnya jaringan tersebut sempat mengakibatkan terjadinya black out atau pemadaman total di Pulau Nunukan. Pemadaman total ini bahkan terjadi hingga dua kali saat itu. "Sambaran petir juga tembus ke panel PLTD sehingga menyebabkan ledakan," ujarnya.

Saat itu, pihaknya harus melakukan perbaikan secara darurat terhadap panel listrik. "Kami telah berupaya untuk meningkatkan kemampuan baik dari sisi pembangkit, penyaluran dan pendistribusian energi listrik hingga ke pelanggan. Namun gangguan yang disebabkan oleh cuaca yang terkadang ekstrem sangat sulit untuk diprediksi," ujarnya.

"Sehubungan dengan hal tersebut kami sampaikan permohonan maaf kepada para pelanggan atas ketidaknyamanannya bahwa pasokan listrik akan terhenti sementara waktu hingga pekerjaan selesai," ujarnya.

Jadwal dan lokasi pemadaman ini sewaktu-waktu dapat berubah tergantung pada kondisi pembangkit, jaringan dan kondisi cuaca.

"Apabila terdapat pengurangan beban listrik di luar jadwal tertera, maka hal tersebut karena gangguan yang tidak dapat diprediksi," ujarnya.

Dia berharap, pekerjaan tersebut bisa diselesaikan lebih cepat sehingga aliran listrik juga segera dinormalkan kembali tanpa pemberitahuan. (*)

KAWASAN PADAM MULAI SABTU PAGI
* Jalan Rimba Luar
* Jalan Rimba Dalam
* Jalan Pongtiku
* Jalan Bukit Cinta
* Jalan Teuku Umar
* Jalan Pesantren
* Jalan Pangeran Antasari
* Jalan Angkasa
* Jalan Selisun Pantai
* Jalan Pesantren Hidayatullah
* Jalan Mamolok
* Jalan Membunut
* Jalan Kampung Baru
* Jalan Sungai Jepun
* Jalan Panamas
* Jalan Tanjung Harapan
* Jalan Mansapa
* Jalan Iskandar Muda
* Jalan TVRI
* Jalan Persemaian
* Jalan Sutanto
* Jalan Pembangunan
* Jalan Gg Delima
* Bank Pembangunan Daerah
* Hotel Lenflin
* Jalan Manunggal Bhkati
* Jalan Pelabuhan Baru
* Jalan Borneo
* Jalan Pelabuhan Baru Dalam
* Jalan Lumba-Lumba dan sekitarnya
* Jalan Gg SMP
* Jalan Sanusi
* Telkom
* Jalan Ahmad Yani
* Jalan Yos Sudarso
* Jalan Tanjung
* Jalan Sei Mantri
* Jalan Tanah Merah
* Jalan Bahari
* Jalan Sei Lancang
* Siemangkadu dan sekitarnya. (*)

Penulis: Niko Ruru
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help