Pilkda Kaltim

Jelang Pilgub Perekaman E-KTP Meningkat

sebanyak 33 ribu warga Balikpapan belum melakukan perekaman data e-KTP. Hal ini dikhawatirkan menghambat mereka

Jelang Pilgub Perekaman E-KTP Meningkat
tribunkaltim.co/geafry necolsen
Proses rekam data KTP elektronik 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik atau E-KTP diperkirakan meningkat jelang Pilgub Kaltim Juni ini.

Hal ini Diutarakan Sekertaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ( Disdukcapil) Balikpapan, Hasbulloh, Helmi, Rabu (10/1).

Peningkatan ini, tak lepas dari antusias warga untuk mengikuti pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Persoalan lain, yakni persyaratan pemilih minimal telah melakukan perekaman data diri."Kan syaratnya harus ada E-KTP. Dan saat ini permintaan perekaman E-KTP meningkat, dari yang sebelumnya berkisar 100an orang, menjadi 250an orang. Ini bisa dibilang salah satu kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi pada Pilgub nanti," kata Helmi.

Pada Desember lalu, sebanyak 33 ribu warga Balikpapan belum melakukan perekaman data e-KTP. Hal ini dikhawatirkan menghambat mereka dimasukan dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Komisi Pemilihan Umum.

Di awal tahun 2018 ini, jumlah tersebut berkurang seiring dengan meningkatnya permintaan masyarakat dalam hal pengurusan E-KTP, termasuk melakukan perekaman.

Berdasarkan data Disdukcapil Kota Balikpapan per 10 Januari 2018, jumlah masyarakat yang belum melakukan perekaman E-KTP dan secara otomatis terancam tak memiliki hak suara karena hal itu berjumlah sebanyak 20.245 orang.

Sementara itu, berdasarkan Undang-Undang RI Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan Peraturan KPU Nomor 2 Tentang Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati/Walikota dan Wakil Walikota, disebutkan, setiap warga yang belum memiliki E-KTP atau melakukan perekaman data, tidak bisa mengikuti pilkada atau pencoblosan.

"Syarat setiap pemilih harus punya E-KTP. Kalo E-KTP nya belum ada, yang penting sudah melakukan perekaman data di Disdukcapil," kata Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha Rabu (10/1/2018) sore. (m02)

Penulis: tribunkaltim
Editor: Martinus Wikan
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help