Tiket Rute Perintis di Kaltara Disubsidi Pemerintah, Tarakan-Maratua Hanya Rp 387.100

Menurut Elfi, untuk harga tiket di berbagai rute perintis berbeda-beda tergantung jarak tempuh masing-masing daerah

Tiket Rute Perintis di Kaltara Disubsidi Pemerintah, Tarakan-Maratua Hanya Rp 387.100
TRIBUN KALTIM/JUNISAH
Pesawat jenis Caravan inilah yang melayani rute-rute perintis di Kaltara, termasuk rute Tarakan-Long Bawan, Senin (12/3/2018) di Bandara Juwata Tarakan. 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN - Untuk membantu masyarakat yang ada di pedalaman Kalimantan Utara (Kaltara), Kementerian Perhubungan (Kemenub) memberikan subsidi harga tiket untuk maskapai penerbangan Susi Air yang melayani rute-rute perintis.

Ada 10 rute perintis yang dilayani Susi Air, di antaranya, Tarakan-Long Bawan, Long Bawan-Tarakan, Long Bawan-Malinau, Long Bawan-Nunukan, Long Apung-Malinau, Malinau-Long Apung, Long Apung-Tanjung Selor, Tanjung Selor-Long Apung, Malinau-Long Layu, Long Layu-Malinau dan Binuang-Malinau.

Jadwal penerbangan rute perintis yang dilayani dengan menggunakan jenis pesawat Caravan B 208 ini berbeda-beda Di antaranya, rute Tarakan Long Bawan (PP) seminggu 4 kali. Yakni, Senin, Selasa, Rabu dan Kamis. Rute Long Bawan-Nunukan (PP),seminggu 2 kali yakni Senin dan Jumat. Rute Tarakan-Maratua (PP) seminggu sekali, yakni Kamis.

Kepala Bandara Juwata Tarakan, Elfi Amir mengungkapkan, untuk subsidi yang diberikan Kemenhub untuk rute perintis ini ada 2.070 penerbangan setahun dan khusus rute Tarakan-Long Bawan ada 184 penerbangan setahun.

"Alhamdulillah untuk penerbangan perdana rute perintis Tarakan-Long Bawan hari ini (kemarin) full seat dengan kapasitas 12 orang. Mereka yang terbang perdana ini semuanya merupakan warga Long Bawan. Harga tiket yang mereka bayar otomatis disubdisi pemerintah," ucapnya, usai menyaksikan penerbangan perdana Susi Air rute Tarakan-Long Bawan, Senin (12/3/2018) di Bandara Juwata Tarakan.

Elfi mengatakan, dengan adanya subsidi harga tiket dari pemerintah untuk rute perintis ini, berarti secara otomatis harga tiket untuk rute perintis ini ditentukan pemerintah. Pemerintah menetapkan harga rute perintis, dengan harga yang cukup terjangkau bagi masyarakat.

"Seperti harga tiket rute Tarakan-Long Bawan Rp 1.500.000, namun karena harga tiket ini disubsidi pemerintah, jadi masyarakat hanya membayar Rp 435.000. Sedangkan sisanya sebanyak 1.065.000 atau dua kali lipat ini ditanggung pemerintah," ujarnya.

Menurut Elfi, untuk harga tiket di berbagai rute perintis berbeda-beda tergantung jarak tempuh masing-masing daerah. Oleh karena itu pihaknya akan mempublikasikan harga tiket ini di terminal bandara agar masyarakat mengetahuinya. "Tentunya kita meminta pengawasan dari masyarakat untuk besaran harga tiket rute perintis yang telah ditetapkan pemerintah ini," ucapnya.

Elfi berharap, dengan adanya rute perintis ini jumlah penumpang yang datang maupun berangkat dari terminal Bandara Juwata Tarakan semakin meningkat. "Kita harapkan dengan adanya penerbangan perintis ini mobilisasi dari daerah-daerah di Kaltara ke Tarakan menjadi lebih mudah," katanya. (*)

Harga Tiket Rute Perintis di Kaltara
Rute                                            Harga
Tarakan-Long Bawan             Rp 435.000
Long Bawan-Tarakan             Rp 415.000
Long Apung-Malinau              Rp 380.000
Long Apung-Tanjung Selor   Rp 380.000
Long Bawan-Nunukan            Rp 415.000
Tarakan-Maratua                     Rp 387.100
* Sumber Daftar Harga Tiket: Bandara Juwata Tarakan (*)

Penulis: Junisah
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved