Tips Otomotif

Ladies. . . Jangan Nyetir Pakai Sandal Jepit Ya, Ini Bahayanya!

Banyak orang yang punya kebiasaan menyetir mobil menggunakan sandal jepit karena dianggap lebih nyaman.

Ladies. . . Jangan Nyetir Pakai Sandal Jepit Ya, Ini Bahayanya!
GETTYIMAGES/Ryan McVay
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO -- Banyak orang yang punya kebiasaan menyetir mobil menggunakan sandal jepit karena dianggap lebih nyaman.

Padahal, kebiasaan ini justru berbahaya dan jadi salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas.

Mantan polisi sekaligus pakar keamanan lalu lintas dan kecelakaan tersertifikasi, John E. Langan menjelaskan, karena licin dan tidak kokoh, pengendara yang memakai sandal jepit justru menginjak dua pedal sekaligus.

Sandal jepit berpotensi terselip bahkan tersangkut pada pedal.

Baca: Nyaris, Nenek yang Curi Pepaya Milik Tetangga Masuk Penjara! Untung Kapolres Lakukan Hal Ini

"Mengemudi sebenarnya adalah salah satu aktivitas paling berbahaya yang pernah dilakukan rata-rata orang dalam hidupnya. Karena itu, kenapa malah membuatnya lebih berbahaya lagi dengan menggunakan alas kaki yang tidak tepat?" kata John seperti dikutip Reader's Digest.

Manajer program training mengendara di kantor nasional AAA, William Van Tassel bahkan mengatakan bahwa berkendara tanpa alas kaki masih lebih baik daripada menggunakan sandal jepit.

Baca: Tampil Mendominasi, Inilah Gol-gol yang Tercipta di Laga Timnas U-23 Indonesia Vs Singapura

Sementara itu, dikutip dari The Sun, meskipun tidak ada regulasi khusus yang melarang penggunaan sandal jepit untuk berkendara di Inggris namun pihak pemerintah melalui Drive & Vehicle Standards Agency (DVSA) menyarankan bahwa alas kaki yang nyaman dan tepat sangat penting bagi pengendara.

"Kami tidak merekomendasikan berkendara telanjang kaki karena kamu tidak akan mendapatkan tekanan pedal yang responsif, berbeda dengan jika menggunakan sepatu," demikian disampaikan DVSA.

Halaman
12
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved