Berita Video

Ribuan Buruh Komura Demo di Kejari Samarinda

"Setelah putusan sidang yang lalu, hingga saat ini uang dan aset Komura belum juga ada kejelasan, karena itu murni hasil jerih

Ribuan Buruh Komura Demo di Kejari Samarinda
Tribun Kaltim/Christoper Desmawangga
Massa aksi dari TKBM Komura menggelar aksi damai di depan Pengadilan Negeri Samarinda, Senin (14/5/2018) 

Laporan wartawan tribunkaltim.co, Christoper D

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Ribuan massa yang merupakan karyawan TKBM Komura menggelar aksi damai di depan Kejari Samarinda, Pengadilan Negeri Samarinda, dan Kejati Kaltim, Senin (14/5/2018).

Selain diikuti oleh karyawan, juga diikuti oleh keluarga karyawan TKBM Komura, yang menuntut pengembalian aset serta uang yang disita oleh pengadilan.

"Setelah putusan sidang yang lalu, hingga saat ini uang dan aset Komura belum juga ada kejelasan, karena itu murni hasil jerih payah buruh, dan bukan hasil korupsi," ucap Korlap Aksi, Hambali, Senin (14/5/2018).

Baca: Turut Berdukacita untuk Korban Bom Surabaya, Ini Pernyataan Sikap GMNI Samarinda

"Ada sekitar Rp 326 M aset Komura, dan semenjak kasus itu, kami buruh kecil tidak pernah dapatkan upah yang layak, bahkan di bawah UMR," tambahnya.

Selain itu, massa aksi juga menuntut agar dihentikan kriminalisasi terhadap Komura, termasuk meminta agar ketua dan Sekretaris TKBM Komura dibebeskan dari jerat hukum.

"Hentikan kriminalisasi terhadap Komura, dam kita juga menunggu keputusan kasasi MA," ungkapnya.

Bahkan, pihaknya tidak akan segan mogok kerja yang berdampak terhadap terhentinya aktivitas bongkar muat di pelabuhan Samarinda, hingga ke Muara Jawa, jika tuntutan mereka tidak dipenuhi.

Baca: Suara Baku Tembak Terjadi Setelah Bom Meledak di Mapolrestabes Surabaya

"Kita akan demo, dengan massa yang lebih besar, dan hari ini semua karyawan Komura demo di sini, kedepan kalau tidak dipenuhi, kita mogok kerja," tegasnya.

Akibat aksi tersebut, aktivitas lalu lintas di jalan M Yamin terhambat, bahkan jalur menuju arah simpang empat Lembuswana lumpuh, karena dipenuhi massa aksi.

Baca: Inilah 7 Mitos dan Fakta yang Kerap Terjadi Dalam Pengajaran Biologi, Jangan Keliru Lagi Loh

Hingga pukul 10.30 Wita, massa aksi masih berada di depan Pengadilan Samarinda, dan belum beranjak menuju Kejati Kaltim, Samarinda Seberang.

Lihat Videonya :

(*)

Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Arif Fadilah
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help