Ramadan 2018

Marhaban ya Ramadan - Ini 5 Bekal yang Wajib Diketahui Menyambut Bulan Suci Ramadan 1439 H

Agar puasa Ramadan dapat dijalani dengan baik, maka semestinya setiap umat Islam menyiapkan bekal yang banyak

Marhaban ya Ramadan - Ini 5 Bekal yang Wajib Diketahui Menyambut Bulan Suci Ramadan 1439 H
Tribunnews
Salat tarawih di bulan Ramadan. 

TRIBUNKALTIM.CO - Bulan Ramdan tinggal sehari lagi. Keputusan sidang Itsbat hari ini, (15/4/2017) memutuskan 1 Ramadan 1439 H jatuh pada hari Kamis (17/4/2018). 

Menjalani puasa Ramadan adalah kewajiban yang harus ditunaikan bagi setiap Muslim yang beriman dan tanpa halangan yang dibenarkan secara syari atau aturan Islam. 

Kewajiban itu sebandung dengan keutamaan yang bakal didapatkan bagi umat Islam yang menjalaninya, pahala yang belipat ganda dan janji dari Allah SWT, berupa ampunan dan pahala surga.

Begitu besarnya keutamaan puasa Ramadan, sampai-sampai Ramadan juga disebut sebagai bulan penuh berkah, bulan penuh ampunan, bulan memanen pahala, dan bulan pensucian.

Sebelum benar-benar memasuki bulan Ramadan, apakah kita sudah menyiapkan bekal?

Agar puasa Ramadan dapat dijalani dengan baik, maka semestinya setiap umat Islam menyiapkan bekal yang banyak. Apa saja?

1. Bekal Ilmu
Bekal ini sangat dianjurkan malah wajib. Mengapa? Karena untuk bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik, seseorang harus mengatahui tata caranya, aturan puasa, syarat rukunnya, dan larangan-larangan selama berpuasa.

Saking pentingnya bekal ilmu, seorang ulama yang juga pemimpin Islam, Umar Bin Abdul Aziz, mengatakan,

“Barangsiapa yang beribadah kepada Allah tanpa ilmu, maka dia akan membuat banyak kerusakan daripada mendatangkan kebaikan.” (Al Amru bil Ma’ruf, hal. 15).

Artinya, kalau kita berpuasa, tapi tidak mengetahui hukum puasa, bisa jadi puasanya bakal sia-sia atau rusak.

Tahukah Anda jika berbuat maksiat, misal bergunjing dan bertengkar di saat berbuasa bakal merusak atau mengurangi pahala puasa? Dan aturan itu dapat kita tegakkan kalau kita memiliki ilmunya. Dari mana? Kita mengkaji ilmu agama.

Halaman
12
Editor: Ayuk Fitri
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help