Kehabisan BBM, 5 Nelayan Asal Filipina Terdampar di Pulau Bunyu

Kelima nelayan ini langsung masuk ke ruang detensi yang ada di Kantor Imigrasi untuk dilakukan proses pemulangan ke negara asalnya.

Kehabisan BBM, 5 Nelayan Asal Filipina Terdampar di Pulau Bunyu
TRIBUN KALTIM/JUNISAH
Lima Nelayan asal Tawi-Tawi Filipina yang terdampar di Pulau Bunyu Kabupaten Bulungan tiba di Kantor Imigrasi Kota Tarakan Provinsi Kaltara, Jumat (19/5/2018). 

Laporan wartawan Tribun Kaltim, Junisah

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN - Lagi- lagi ditemukan kembali Warga Negara Asing (WNA) yang terdampar.

Kali ini lima nelayan asal Tawi-Tawi Filipina terdampar di Pulau Bunyu Kabupaten Bulungan.

Lima nelayan ini langsung diserahkan ke Kantor Imigrasi Kota Tarakan, Jumat (19/5/2018).

Kelima nelayan ini langsung masuk ke ruang detensi yang ada di Kantor Imigrasi untuk dilakukan proses pemulangan ke negara asalnya.

Baca: Kasihan, Sudah Bolak-balik ke Makassar Nasib Jemaah dan Mitra ABU Tour Asal Kaltim Belum Jelas

Terkait hal ini,  Kepala Seksi (Kasi) Informasi Sarana Keimigrasian Kantor Imigrasi Kota Tarakan Fuad Azhari mengatakan, kemungkinan kelima WNA Filipina tinggal di ruang detensi selama sebulan.

“Untuk proses pemulangan mereka tentunya memakan waktu dan tidak sebentar. Oleh karena itu mereka tinggal dulu di ruang detensi Kantor Imigrasi Tarakan. Kemungkinan mereka akan tinggal disini selama sebulan,” ucapnya.

Fuad mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Konsulat Filipina untuk melakukan konfirmasi keberadaan lima nelayan Filipina ini.

Baca: Jibom Polda Jatim Ledakkan Benda yang Diduga Bom di Pintu Tol Sidoarjo

“Kita sudah konfirmasi, kalau nantinya benar warga Filipina kita tinggal menunggu terbitnya surat dokumen dari Konsulat Filipina,” katanya.

Fuad mengungkapkan, selama WNA asal Filipina tinggal di ruang detensi Kantor Imigrasi Kota Tarakan, segala kebutuhan mulai dari makan dan minum menjadi tanggung jawab pihaknya.

Halaman
12
Penulis: Junisah
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help