Mirip Pemilu, Pemilihan Wawali Samarinda Juga Gunakan Bilik dan Kertas Suara

dalam pemilihan ini, tidak ada istilah golongan putih (golput) alias tidak memberikan pilihan

Mirip Pemilu, Pemilihan Wawali Samarinda Juga Gunakan Bilik dan Kertas Suara
TRIBUN KALTIM / DOAN E PARDEDE
Joha Fazal menyampaikan interupsi dalam Sidang Paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Samarinda Sukamto di Ruang Rapat Utama DPRD Samarinda, Jalann Basuki Rahmat, Senin (16/4/2018). 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Doan Pardede

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Panitia Khusus (Pansus) Penyusunan Tata Tertib Pengusulan dan Pemilihan Calon Wakil Walikota Samarinda pengganti almarhum Nuysirwan Ismail, hampir menuntaskan tugasnya.

Saat ini, Pansus telah merampungkan Tata Tertib Pemilihan dan menentukan Ketua serta Wakil Ketua yang akan memimpin proses pemilihan suara nantinya. Di posisi Ketua ada Joha Fazal (NasDem) dan Wakil Ketua Elia Libut (Demokrat). 

Secara teknis, kata Joha Fazal, Ketua Pemilihan Wawali Samarinda kepada Tribunkaltim.co, Jumat (18/5/2018), pemilihan sudah siap untuk digelar. Hanya saja, pihaknya masih akan berkonsultasi ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) seputar teknis pengusulan dua nama yang akan diusulkan oleh 3 partai pengusung, yakni Demokrat, NasDem, dan PKS.

Baca: Edit Foto Jokowi di KTP Milik Teroris Pelaku Bom Polrestabes, Pria Ini Diciduk Polisi

"Kita mau konsultasi dulu. Apakah Pansus yang menyurati partai pengusung untuk mengajukan calonnya atau bagaimana," ujarnya. 

Untuk teknis pemilihan nantinya, kata Joha, akan dilakukan secara tertutup dan mirip proses pencoblosan suara di Pemilihan Umum (Pemilu). Panitia pemilihan akan menyediakan surat suara yang berisi gambar dan nomor urut para calon. Sebanyak 45 anggota DPRD Samarinda yang ada, akan mencoblos kertas suara di bilik-bilik suara yang sudah disediakan. 

Dan dalam pemilihan ini, tidak ada istilah golongan putih (golput) alias tidak memberikan pilihan. Pemenang nantinya adalah calon yang berhasil memperoleh suara terbanyak.

Baca: Comeback, Inilah 10 Makna Lagu BTS di Album Love Yourself: Tear, Ada yang Dibuat untuk Fans!

"Jadi seluruh anggota DPRD nanti mencoblos surat suara yang kita sediakan," jelasnya.

Penulis: Doan E Pardede
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved