Belum dapat Tiket Kapal, Pemudik bisa Menginap di Lantai 2 Terminal Pelabuhan Semayang

Geliat pemudik menjelang Idul Fitri mulai terlihat padat di Pelabuhan Semayang, Balipapan, hari Kamis (7/6).

Belum dapat Tiket Kapal, Pemudik bisa Menginap di Lantai 2 Terminal Pelabuhan Semayang
TRIBUN KALTIM / FACHMI RACHMAN
Suasana mudik di pelabuhan Semayang Balikpapan. Hadapi musim mudik 2018 ini, PT Pelindo (Persero) IV cabang Balikpapan, selaku pengelola Pelabuhan Semayang menggelar program mudik gratis, senyum lebaran dan optimalisasi fasilitas terminal yang serasa bandara. 

BALIKPAPAN, TRIBUN - Geliat pemudik menjelang Idul Fitri mulai terlihat padat di Pelabuhan Semayang, Balipapan, hari Kamis (7/6). Sejumlah penumpang yang menunggu armada angkutan laut tersebut terlihat memadati pelataran pelabuhan bertaraf internasional tersebut.

Kahar, petugas KSOP posko Angkutan Lebaran Semayang 2018 mengatakan, rata-rata penumpang kapal yang melalui Pelabuhan Semayang berasal dari luar daerah kota Balikpapan. "Rata-rata dari Bontang, Bengalon, Sangkulirang. Samarinda jarang, tapi kadang-kadang aja juga yang sampai menginap," ujar Kahar.

Keberadaan penumpang yang tiba sebelum jadwal kapal, Kahar menjelaskan para penumpang tersebut datang ke pelabuhan untuk antisipasi agar tidak terlambat. Sebagiannya lagi, para penumpang ke pelabuhan sebelum membeli tiket kapal.

"Mereka tidak tahu kapalnya berangkat kapan. Mereka datang dulu ke pelabuhan, baru nyari tiket. Itu pun kalau ada. Kalau adanya (tiket kapal) 2-3 hari ke depan, ya jadinya menginap," jelasnya.

Penumpukan penumpang di Pelabuhan Semayang juga dijelaskan, karena sekali kapal bersandar, dapat mengangkut hingga 2000 penumpang. "Makanya sekali ada jadwal kapal, langsung brek, numpuk," katanya.

Penumpang dengan tujuan paling laris dari Pelabuhan Semayang Balikpapan adalah menuju Surabaya dan Sulawesi. "Karena satu pulau Jawa, turunnya di Surabaya. Sama Makassar -Parepare -Bau-bau, satu track," tuturnya.

Dengan peningkatan jumlah penumpang jelang libur Lebaran tersebut, pihak Pelabuhan menambah sejumlah fasilitas demi kenyamanan penumpang kapal via Pelabuhan Semayang Balikpapan.

Satu di antaranya dengan menyediakan terminal di lantai 2 sebagai ruang tunggu bagi para penumpang, untuk sekadar menunggu kapal sejenak maupun menginap untuk jadwal kapal keesokan harinya.

Ditambah dengan gelar tenda posko tambahan untuk kenyamanan para penumpang.

Disinggung mengenai penumpang yang masih menunggu di pelataran Pelabuhan Semayang meski sudah disediakan terminal tunggu, Kahar mengatakan para oenumpang tersebut sedang menunggu jadwal keberangkatan kapal yang hampir tiba. "Malas juga kan dia bawa koper berat-berat naik turun tangga. Makanya mereka nunggu di bawah aja," ujarnya.

Halaman
123
Penulis: tribunkaltim
Editor: Adhinata Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved