Penelitian Terbaru Ungkap Minum Jeruk Tiap Hari Cegah Kehilangan Penglihatan Mata Anda

Dalam kebanyakan kasus, tanda-tanda degenerasi makula (kehilangan penglihatan) muncul ketika orang berusia 50-an dan 60-an.

Penelitian Terbaru Ungkap Minum Jeruk Tiap Hari Cegah Kehilangan Penglihatan Mata Anda
JustFunFacts
Jeruk merupakan buah sitrus yang memiliki banyak kandungan vitamin C dan anti oksidan. 

TRIBUNKALTIM.CO - Sudah banyak yang mengetahui bahwa buah-buahan memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia.

Penelitian terbaru kembali menegaskan hal tersebut. Penelitian dari Australia itu menemukan bahwa konsumsi rutin buah jeruk setiap hari bisa melindungi kita dari degenerasi makula.

Kehilangan Penglihatan

Makula adalah bagian dari retina di mata, dan menangani segala sesuatu yang berhubungan dengan penglihatan sentral. Ketika degenerasi makula berkembang, orang menjadi tidak dapat melihat apa yang benar di depan mereka.

Meski tidak menyebabkan kebutaan total, kondisi itu dapat membuat hidup lebih sulit. Penyebab pasti degenerasi makula hingga kini belum diketahui, tetapi biasanya terkait dengan usia. Dalam kebanyakan kasus, tanda-tanda kondisi muncul ketika orang berusia 50-an dan 60-an.

Dilansir dari Tech Times, Sabtu (14/07/2018), karena ini pula, degenerasi makula adalah penyebab umum kebutaan yang tidak bisa disembuhkan.

Satu Jeruk Per Hari

Orang-orang yang makan setidaknya satu porsi jeruk setiap hari mengurangi risiko degenerasi makula hingga 60 persen 15 tahun kemudian.

"Pada dasarnya kami menemukan bahwa orang yang makan setidaknya satu porsi jeruk setiap hari memiliki penurunan risiko mengembangkan degenerasi makula dibandingkan dengan orang yang tidak pernah makan jeruk," kata Bamini Gopinath, pemimpin penelitian ini dikutip dari Science Alert, Sabtu (14/07/2018). 

Tak hanya itu, makan satu porsi jeruk setiap minggu juga punya manfaat kesehatan yang signifikan. "Bahkan makan jeruk seminggu sekali tampaknya menawarkan manfaat yang signifikan," sambung epidemiolog dari University of Sydney di Australia tersebut.

Halaman
12
Editor: Achmad Bintoro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved