Pipa Transmisi Bocor, Produksi IPAM Balikpapan Turun, Ini Daerah Pelanggan yang Terganggu

PDAM Kota Balikpapan kembali melakukan penurunan kapasitas produksi pada Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) Kampung Damai

Pipa Transmisi Bocor, Produksi IPAM Balikpapan Turun, Ini Daerah Pelanggan yang Terganggu
Tribun Kaltim/Samir
Warga menggali untuk mencari pipa bocor 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - PDAM Kota Balikpapan kembali melakukan penurunan kapasitas produksi pada Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) Kampung Damai dalam beberapa hari ini. Hal ini menyebabkan distribusi air ke pelanggan yang bermukim di daerah atas dan jauh dari IPAM Damai tidak lancar.

Menurut informasi Staf Bagian Humas PDAM Kota Balikpapan Suryo, turunnya produksi IPAM Damai disebabkan kerusakan dan kebocoran pada jalur pipa transmisi air baku yang mengirim air baku dari Waduk Manggar menuju IPAM Kampung Damai.

Kerusakan pipa air baku terjadi di jalur Transad KM. 08, Karang Joang, Balikpapan Utara. Pergerakan pada tanah mengakibatkan terjadinya kebocoran pipa air baku atau pipa transmisi. Kerusakan terindikasi sejak Sabtu pagi (22/9). Tim PDAM Kota Balikpapan menjadwalkan perbaikan pada Selasa (25/9) besok mulai pukul 10.00 Wita hingga selesai.

Baca: SBY Walk Out di Festival Kampanye Damai, Airlangga Ungkapkan soal Spontanitas Warga

"Target pekerjaan maksimal 1 x 24 Jam, lebih cepat lebih baik. Tim akan melakukan perbaikan pipa transmisi 600mm Steel, di lokasi Hutan Transad KM.8," kata Suryo

IPAM Damai mengalami penurunan kapasitas produksi sekitar 40m3/jam dari kerusakan tersebut, sehingga pelaksanaan perbaikan nantinya jalur pipa baku yang mengirim air dari Waduk Manggar diditutup sementara.

IPAM Kampung Damai tetap berproduksi dengan kapasitas kecil, yang air bakunya berasal dari sumur bor dengan kapasitas 226m3/jam. "Distribusi air kepada pelanggan akan terganggu, terutama berimbas bagi pelanggan yang tinggal di daerah pemukiman atas, dan jauh dari IPAM Damai," tandasnya.

PDAM Kota Balikpapan menyampaikan kepada masyarakat khususnya bagi pelanggan yang airnya masih mengalir diharapkan dapat menampung air sebagai antasipasi akan kebutuhan air di rumah.

Baca: Pendaftaran CPNS Tinggal 2 Hari Lagi, Ini Tata Cara Mencari Formasi CPNS di sscn.bkn.go.id

"Sekali lagi PDAM menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan ini, terutama bagi pelanggan yang sudah mengalami stop distribusi air lebih awal." ujar Suryo. (*/m06)

Daerah Terganggu
* Balikpapan Selatan, Balikpapan Kota, sebagian Balikpapan Tengah dan Balikpapan Barat
Simp.Tiga Kp.Damai, Komp.Bank Duta, Perum Pos & Giro, Komp.BDS, Komp.BDI, Komp.PLN Pikitring Ring-Road, Gg.Mex, Gg.Teratai, Gg.PLN, Gg.Sampurna, Gg.Orienz, Simpang Tiga Jl.Mt.Haryono

Baca: Geger! Warga Gunung Pasir Balikpapan Ditemukan Tewas di Dalam Kamar

* Stalkuda, Gn.Bakaran, Sepinggan s/d Mulawarman (PJHI) Batakan, Bpp.Permai, Ps.Baru, Markoni, Klandasan, Pelayaran, Prapatan, Jl.Melati, Telogorejo, Bhayangkara, Cendrawasih, Dondang, Gn.Malang, Belakang Toko Utama, Gn.Malang Radar, Auri, Marbo, Siaga, Markoni Auto 2000

* Gn.Guntur, Gn.Rambutan, Gn.Kawi, Kr.Rejo, Kp.Damai (Al'Makmur), Komp.Telkom, Terminal Tangki PDAM, Gg.Agung Tunggal, Komp.Bpp.Baru, Muara Rapak, Kr.Anyar, Pdn.Sari, Pdn.Wangi, Kebun Sayur, Semoi, Kp.Baru Tengah, 21 Januari, Sepaku dan sekitarya.  (*)

Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved