Kebakaran Lahan di Petung, Dua Saksi Sudah Diperiksa Polres PPU

Polres Penajam Paser Utara (PPU) telah memeriksa dua saksi warga terkait kebakaran lahan di Kelurahan Petung, Kecamatan Penajam.

Kebakaran Lahan di Petung, Dua Saksi Sudah Diperiksa Polres PPU
HO/BPBD
Petugas melakukan pemadaman di atas lahan milik perusahaan perkebunan PT KMS di Kelurahan Petung, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). 

Laporan wartawan tribunkaltim. Co, Samir Paturusi

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM -  Polres Penajam Paser Utara (PPU) telah memeriksa dua saksi warga terkait kebakaran lahan di Kelurahan Petung, Kecamatan Penajam.

Dari keterangan saksi, kebakaran diduga disebabkan karena puntung rokok.

Kapolres AKBP Sabil Umar, Rabu (26/9/2018) menjelaskan, setelah terjadi kebakaran lahan di Petung Polres langsung menurunkan tim untuk melakukan penyelidikan, kemudian meminta keterangan dua warga yang mengetahui kebakaran tersebut

Sabil mengatakan, dari keterangan saksi tersebut diketahui bila kebakaran itu disebabkan karena puntung rokok.

Ke Mana Yenny Wahid Berlabuh di Pilpres 2019? Tunggu Jawaban Dukungan Politiknya Sore Nanti

"Katanya penyebabnya karena puntung rokok, " ujarnya.

Sabil menjelaskan, warga tersebut sedang melakukan kegiatan pengangkatan material untuk membangun pagar lahan, karena material cukup banyak sehingga mereka bolak-balik untuk mengangkat material bangunan.

12 Alasan Mengapa Perempuan Cantik dan Menarik tapi Tetap Melajang

Namun ternyata warga tersebut membuang rokok yang menyebabkan kebakaran lahan di Petung.

Meski sudah melakukan pemeriksaan namun pihaknya belum bisa menetapkan apakah menjadi tersangka atau tidak, karena masih terus melakukan pendalaman terkait penyebab kebakaran tersebut.

Jubir Timses Prabowo-Sandi Bantah Isi Tulisan di skandalsandiaga.com: Itu Hoax dan Fitnah Keji!

Sementara untuk mengurangi kebakaran lahan, pihaknya terus melakukan upaya sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat agar tak membakar lahan untuk membuka lahan.

Sementara itu, Kasubbid Logistik dan Peralatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) PPU, Nurlaila mengatakan, saat ini kebakaran lahan kembali terjadi di RT 11 Kelurahan Petung.

Kakak Syahrini Meninggal Dunia, Lihat Foto-foto Keakraban Bersama Keluarga

Sebelumnya, juga terjadi kebakaran di RT 11 dan 19 Petung dengan luas lahan mencapai 30 Ha. Namun untuk kebakaran sejak kemarin luas lahan yang sudah terbakar mencapai 8 Ha.

Ia mengungkapkan lahan yang terbakar ini berbeda lokasi namun cukup berdekatan sekitar 20 meter dari kebakaran sebelumnya di RT 11.

Jadi Istri Anak Konglomerat, Intip Penampakan Interior Rumah Mewah Dian Sastro

Untuk melakukan pemadaman, pihaknya dibantu tim dari Dinas Pertanian, Satpol PP, TNI/Polri serta dari Kabupaten Paser. "Kami berharap bisa segera diatasi karena lahan yang terbakar ini gambutnya cukup dalam," katanya. (*)

Penulis: Samir
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved