Gempa dan Tsunami Sulteng

Gubernur Kaltara Bentuk Tim Peduli Gempa Sulteng, Fokus Selamatkan Warga Kaltara

Pemprov Kalimantan Utara takkan tutup mata terhadap nasib korban bencana gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala.

Gubernur Kaltara Bentuk Tim Peduli Gempa Sulteng, Fokus Selamatkan Warga Kaltara
TRIBUN KALTIM/MUHAMMAD ARFAN
Penyerahan bantuan untuk korban gempa Palu-Donggala diserahkan Kadisdikbud Kaltara Sigit Muryono kepada Kepala BPBD Kaltara Mohammad Pandi disaksikan Gubernur Irianto Lambrie dan Kepala Dinkes Usman, Rabu (3/10/2018) di ruang kerja gubernur. 

TRIBUNKALTIM, TANGJUNG SELOR - Pemprov Kalimantan Utara takkan tutup mata terhadap nasib korban bencana gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala.

Ini sejurus dengan Instruksi Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie yang memerintahkan membentuk tim kecil untuk menggalang dan menyalurkan bantuan, membantu proses evakuasi hingga pendampingan pasca trauma korban bencana dari lingkup Pemprov Kaltara.

Menurut Irianto, tim relawan dan logistik bantuan dari Kaltara memiliki sejumlah prioritas dalam menjalankan tugas kemanusiaan di Palu dan Donggala. Sasaran utamanya, adalah sekitar 100 pelajar dari sejumlah daerah di Kaltara yang menuntut ilmu di Palu, dan kini berada di titik pengungsian Pesantren Al-Khairat.

Baca: Bantuan dari Sekolah-sekolah di Kaltara untuk Gempa Palu-Donggala Tembus Rp 247.093.000

“Kita fokus terlebih dahulu untuk menolong warga Kaltara yang ada di lokasi bencana. Laporan BPBD Kaltara ada sekitar 100 orang pelajar Kaltara berada di pengungsian. Meski kondisinya aman, tapi kekurangan logistik berupa makanan dan air minum. Mereka ada yang menyampaikan niatnya untuk dijemput pulang ke Kaltara,” urai Gubernur saat memimpin rapat staf di ruang pertemuan lantai I Kantor Gubernur Kaltara, Senin (1/10).

Tim bantuan kemanusiaan dari Kaltara juga bakal membawa logistik sesuai kebutuhan korban bencana. Di antaranya, makanan instan dan air mineral dalam jumlah yang cukup.

“Kalau ada sumbangan dalam bentuk uang, saya sarankan agar dapat dibelikan berbagai logistik yang dibutuhkan korban bencana,” ungkap Irianto.

Untuk menjemput pelajar Kaltara yang berada di pengungsian, Gubernur memerintahkan tim menyurati pihak Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) agar dapat mengakomodir pemulangan mereka menggunakan kapal milik TNI AL.

Baca: Usai Gelar Rakor Penanganan Gempa dan Tsunami Sulteng di Balikpapan, Wiranto Cs Terbang ke Palu

“Untuk biaya pemulangan, nanti akan dibantu melalui Biro Kesra (Kesejahteraan Rakyat),” ulas Irianto.

Meski memprioritaskan logistik dan bantuan lainnya kepada masyarakat Kaltara yang berada di lokasi bencana, Gubernur juga menegaskan agar tim bantuan kemanusiaan untuk Palu-Donggala dari Kaltara ini tak melalaikan keberadaan para korban lainnya.

“Fokusnya memang ke masyarakat Kaltara yang ada di lokasi bencana. Tapi, jangan kurangi respek dan simpati kepada korban lainnya. Tetap dibantu sekuat dan semampu yang ada,” beber Gubernur.

Halaman
12
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved