Edisi Cetak Tribun Kaltim

Pesawat Boeing Pertama Mendarat Mulus di Bandara APT Pranoto

Mendaratnya pesawat jenis Boeing 737‑400 di Bandara APT Pranoto merupakan kali pertama sejak beroperasi pada 24 Mei 2018 lalu

Pesawat Boeing Pertama Mendarat Mulus di Bandara APT Pranoto
Tribun Kaltim

TRIBUNKALTIM.CO ‑ Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan, Kamis (25/10) hari ini meresmikan dua bandara di Kaltim, yakni Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto Samarinda dan Bandara Maratua Berau.

Menjelang kedatangan orang nomor 1 di Indonesia, sejumlah persiapan dilakukan, terutama di Bandara APT Pranoto, Samarinda, Rabu (24/10). Pantauan Tribun, di bandara yang dikenal dengan sebutan Bandara Samarinda Baru ini mulai dipasang tenda dan kelengkapan lainnya. Rencana Presiden Jokowi dan rombongan menggunakan pesawat kepresidenan langsung mendarat di Bandara APT Pranoto.

Untuk memastikan runway di Bandara APT Pranoto sudah siap didarati pesawat jenis Boeing, Bahkan, kemarin sekitar pukul 11.30 Wita, pesawat Boeing 737‑400 milik TNI AU melakukan ujicoba mendarat di runway ukuran 2.250 x 45 meter tersebut, dan berhasil mendarat dengan mulus.

Mendaratnya pesawat jenis Boeing 737‑400 di Bandara APT Pranoto merupakan kali pertama sejak beroperasi pada 24 Mei 2018 lalu. Pesawat yang diujicobakan ini sejenis dengan pesawat kepresidenan Boeing 737‑800.

"Ini pertama kalinya pesawat besar mendarat. Untuk runway panjang 2.250 meter sendiri sudah sejak lama ada, namun hanya pembenahan di pinggir runway saja," ujar Kepala Operasional Terminal Bandara APT Pranoto, Dedi Maulana, Rabu (24/10).

Baca: Pendaratan Perdana Pesawat Boeing di Bandara APT Pranoto, Begini Komentar Sang Pilot

"Saat tidak ada penerbangan, siang dan malam kita kebut untuk membenahi pinggir runway saja," tambahnya.

Dia menjelaskan, terkait kesiapan kedatangan rombongan Presiden, pihaknya mengaku telah siap.

Semua fasilitas yang ada sudah tersedia, hanya pemasangan tenda dan kelengkapan acara saja. "Hanya tenda saja, untuk yang lainnya sudah siap semua, termasuk uji coba pesawat tadi sudah kita lakukan," terangnya.

Dedi memastikan, kedatangan rombongan Presiden Jokowi tidak akan membuat aktivitas penerbangan komersil terhambat. Hanya saja pihaknya tetap memprioritaskan tamu VVIP.

"Normal saja, tidak ada yang dihentikan atau ditunda, hanya saja saat kedatangan Presiden, tentu kita utamakan dahulu," jelasnya.

Halaman
123
Penulis: tribunkaltim
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved