Mau Liburan ke Pulau Derawan dengan Biaya Murah? Begini Triknya

Apabila anda kebetulan sedang bepergian ke Kalimantan Timur kurang afdol rasanya apabila tidak berkunjung ke Pulau Derawan.

Mau Liburan ke Pulau Derawan dengan Biaya Murah? Begini Triknya
TRIBUN KALTIM/GEAFRY NECOLSEN
Pulau Derawan 

Mau Liburan ke Pulau Derawan dengan Biaya Murah? Begini Triknya

TRIBUNKALTIM.CO - Apabila anda kebetulan sedang bepergian ke Kalimantan Timur kurang afdol rasanya apabila tidak berkunjung ke Pulau Derawan.

Bahkan ada papan nama di Bandara Kalimarau, Berau yang mengibaratkan jika ke Kalimantan Timur tidak singgah ke Derawan ibarat mandi tetapi tidak gosok gigi.

Pulau yang secara administratif berada di Kabupaten Berau ini belakangan menjadi buah bibir di kalangan traveler karena pemandangan bawah lautnya yang menakjubkan dan pantai dengan pasir putih yang memesona.

 Namun untuk menikmati wisata laut dan pantai yang menakjubkan dan instagramable tersebut tentu harus ditebus dengan rogohan kocek yang dalam walau tidak sampai membobol brankas tabungan pribadi anda.
Gerbang selamat datang di Pulau Derawan.
Gerbang selamat datang di Pulau Derawan. (Tribunnews.com/Willy Widianto)

Tribun sempat menjajal bepergian ke Pulau Derawan melalui jalur Balikpapan- Berau-Pelabuhan Tanjung Batu sejak Jumat hingga Minggu kemarin.

Traveler sedang asyik memotret pemandangan laut di salah satu resort Pulau Derawan.
Traveler sedang asyik memotret pemandangan laut di salah satu resort Pulau Derawan. (Tribunnews.com/Willy Widianto)

Untuk tiket pesawat termurah Jakarta-Bandara Kalimarau Berau PP berkisar di harga Rp 2.600.000 hingga Rp 3.000.000 per orang.

Sementara tiket termahal bisa mencapai Rp 4.100.000 per orang.

Dari Berau wisatawan kemudian harus menempuh jalan darat dengan mobil. Ongkos mobil dari titik penjemputan Bandara Kalimarau dipatok Rp 700.000 sekali antar. Lama perjalanan dengan mobil bisa mencapai dua jam dengan melintasi jalan terjal dan berkelok-kelok yang kiri kanannya banyak ditumbuhi kelapa sawit serta aktivitas 'coal mining' alias pertambangan batubara.

Sebenarnya para traveler bisa melewati jalur Jakarta-Tarakan untuk menuju Derawan dengan ongkos pesawat yang lebih murah yakni berkisar di antara Rp 1.700.000 hingga Rp 2.600.000.

Hanya saja jika melalui Jalur Tarakan para wisatawan akan lebih lama berada di speedboat.

derawan2
Tiga speedboat yang mengantar wisatawan sedang merapat di dermaga Pulau Maratua.

Baca: Derawan Tak Kalah Dengan Raja Ampat, 1 Hal yang Jadi Kekurangannya

Halaman
123
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved