Diang Karing, Dinding Batu Karst di Mahakam Ulu yang Pesona dan Kesejukannya Sulit Terlupakan

Dari jauh, nampak seperti batu putih raksasa yang berlumut hijau. Orang setempat biasa menyebutnya dengan nama Gunung Batu Diang Karing.

Diang Karing, Dinding Batu Karst di Mahakam Ulu yang Pesona  dan Kesejukannya Sulit Terlupakan
(Tribunkaltim/BudiSusilo)
Pesona alam Bukit Batu Putih Diang Karing yang ada di Kampung Tiong Ohang, Kecamatan Long Apari, Kabupaten Mahakam Ulu, Provinsi Kalimantan Timur, Senin (26/11/2018) sore. 

Diang Karing, Dinding Batu Karst di Mahakam Ulu yang Pesona dan Kesejukannya Sulit Terlupakan 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co Budi Susilo

TRIBUNKALTIM.CO, LONG APARI – Siapa saja yang berkesempatan mengunjungi Kampung Tiong Ohang, yang ada di Kecamatan Long Apari, Mahakam Ulu'>Kabupaten Mahakam Ulu, Provinsi Kalimantan Timur, setidaknya ingat betul akan keberadaan bukit batu putih yang alamiah, sebuah dinding batu karst. 

Sore itu, Tribunkaltim.co, setelah menghabiskan waktu sekitar enam jam mengarungi rintangan alam liar Sungai Mahakam dari Ujoh Bilang, ibukota Mahakam Ulu'>Kabupaten Mahakam Ulu, akhirnya bisa selamat, merasa puas bisa tiba sampai di Kampung Tiong Ohang untuk pertama kalinya, Senin (26/11/2018).

Kondisi perkampungan ramai, banyak lalu-lalang kendaraan sepeda motor, pemukiman penduduk yang padat, dan tidak mau kalah, banyak juga bertebaran kibaran bendera-bendera partai politik peserta pemilihan umum tahun 2019 di pinggir jalan-jalan kampung.  

Bahkan fasilitas publik seperti lembaga pendidikan dari usia dini hingga Sekolah Menengah Atas dan layanan kesehatan berupa lembaga Puskemas sudah tersedia, dipersembahkan buat warga Kampung Tiong Ohang, yang rata-ratanya bermata pencaharian sebagai petani dan nelayan di sungai.  

Tekan Inflasi, Ini Dua Masukan Penting Bank Indonesia untuk Kabupaten Mahakam Ulu

Menjelang Puncak Mudik Natal, Tarif Speedboat Mahakam Ulu Tidak Naik

Sisi terdalam Kampung Tiong Ohang, dilihat dari bantaran Sungai Mahakam, tersimpan kekayaan alam yang unik berupa panorama bukit batu dinding yang berwujud putih, yang sedikit ditumbuhi rindangan pohon. Dilihat dari kejauhan, nampak seperti batu putih raksasa yang berlumut hijau.  

Orang setempat biasa menyebut dengan nama Gunung Batu Diang Karing. Posisi Batu Dinding Diang Karing tersebut masuk dalam wilayah Kampung Tiong Ohang, yang di sekitarnya ada kawasan ladang pertanian warga setempat. 

Sekitar 31 tahun lalu, atau tahun 1987 masehi, Adrianus Imat, yang kala itu usianya baru 12 tahun, iseng melakukan perjalanan menjelajah ke Bukit Batu Diang Karing tanpa bekal makanan dan minuman. Lokasinya tidak jauh dari rumah tempat tinggalnya. 

“Orang sebut Gunung Batu Putih Diang Karing. Itu kan ada dua, yang satu lagi namanya Diang Musing,” ungkapnya kepada Tribunkaltim.co di kantor Sekretariat Pemkab Mahakam Ulu, Kampung Ujoh Bilang.

Halaman
12
Penulis: Budi Susilo
Editor: Doan Pardede
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved