Pilpres 2019

Gudang KPU Penuh, KPU Kukar Terpaksa Pinjam Gedung PKM untuk Tampung Ribuan Kotak Suara

KPU Kukar bakal meminjam Gedung PKM di Tenggarong Seberang untuk menampung 10.620 kotak suara keperluan Pilpres dan Pileg 2019 mendatang.

Gudang KPU Penuh, KPU Kukar Terpaksa Pinjam Gedung PKM untuk Tampung Ribuan Kotak Suara
TRIBUNKALTIM/RAHMAT TAUFIQ
Ketua KPU Kukar Junaidi Samsuddin 

Gudang KPU Penuh, KPU Kukar Terpaksa Pinjam Gedung PKM untuk Tampung Ribuan Kotak Suara

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Rahmat Taufiq

TRIBUNKALTIM. CO, TENGGARONG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kukar bakal meminjam Gedung Putri Karang Melenu (PKM) di Tenggarong Seberang untuk menampung 10.620 kotak suara keperluan Pilpres dan Pileg 2019 mendatang.

Pasalnya, gudang KPU yang ada sekarang tidak cukup menampung semua kotak suara.

Ketua KPU Kukar Junaidi Samsuddin mengemukakan, di Kukar untuk Pilpres dan Pileg ini ada 5 kotak suara pengalinya TPS.

"Jumlah TPS kita sampai dengan hari ini mencapai 2.124, sehingga kalau dikalikan 5 sekitar 10.620 kotak suara. Kotak suara ini kami sampaikan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)/Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan TPS dalam bentuk masih kosongan, jadi kami perlu tempat yang agak representatif untuk menjaga kotak suara itu tetap aman, baik dari cuaca maupun kegiatan lainnya," kata Junaidi.

PayTren Milik Yusuf Manyur jadi Sponsor Klub Sepakbola Lechia Gdansk

Pengamat: Maruf Belum Memberi Pengaruh, Jokowi Bekerja Sendirian di Pilpres 2019

Menurut dia, satu-satunya tempat yang memungkinkan adalah Gedung PKM.

"Siapa tahu ada alternatif lain nanti kami jajaki dengan Pemda, kemungkinan ke sana (Gedung PKM), kalau di sini nggak mungkin, gudang kami ada tapi nggak cukup kalau untuk menampung 10.620 kotak suara aktif, yang aktif itu tidak dilipat," tuturnya.

Sementara itu tumpukan kotak suara dari aluminium bekas pemilu sebelumnya di belakang gedung KPU bakal dilelang karena sudah tidak dipakai lagi. KPU akan memakai kotak suara yang sudah ada di Gudang KPU.

"Kotak suara cuma kurang 35 unit, yang lain sudah lengkap, yang sudah datang ke kami, yakni kotak suara, bilik dan tinta untuk persiapan Pilpres dan Pileg 2019," ujar Junaidi.

KPU Kaltim Gelar Sosialisasi Pemilu 2019; Ini Perbedaan Menonjol dengan Pemilu Sebelumnya

KPU Kukar Gelar Coklit Terbatas, Ada Temuan Pemilih Ganda di 10 Desa

Ada perbedaan bahan kotak suara sekarang dengan sebelumnya. Jika kotak suara sebelumnya terbuat dari bahan aluminium, maka sekarang dari bahan kardus.

"Model kotak suara yang dulu tertutup murni, tapi kalau sekarang ada satu sisi yang tembus pandang atau transparan jadi bisa dilihat kalau nanti surat suara masuk ke kotak suara. Karena berbahan kardus kalah bisa kotak suara ini jangan sampai terkena hujan," ucapnya.

Penulis: Rahmad Taufik
Editor: Doan Pardede
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved