Sering Merasa Cemas, 9 Makanan Ini Membantu Meredakan Kecemasan

RASA cemas yang sering datang tiba-tiba tanpa sebab patut diwaspadai. Tak sedikit orang yang mengalami kecemasan dalam kehidupan kesehariannya.

Sering Merasa Cemas, 9 Makanan Ini Membantu Meredakan Kecemasan
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi - Gangguan cemas 

TRIBUNKALTIM.CO - RASA cemas yang sering datang tiba-tiba tanpa sebab patut diwaspadai. Tak sedikit orang yang mengalami kecemasan dalam kehidupan kesehariannya.

Namun, beberapa hal dinilai bisa meredakan kecemasan tersebut. Salah satunya, menyesuaikan pola makan.Vitamin dan mineral tertentu, seperti vitamin B12 dan magnesium, misalnya, secara ilmiah terbukti menurunkan tingkat kecemasan.

Berikut 10 makanan yang bisa membantumu mengatasi kecemasan. Meski, -tentu saja, hal yang bisa membantu mengatasi kecemasan tidak hanya dengan mengonsumsi makanan-makanan ini saja.

1. Kaya magnesium

Sebuah studi yang dipublikasikan pada 2012 di jurnal Neuropharmacology mengidentifikasi korelasi antara pola makan rendah magnesium dengan tingkat kecemasan yang tinggi pada objek tikus. Maka, usahakan kamu memenuhi kebutuhan magnesium pada pola makanmu. Kamu bisa memilih sayur-sayuran hijau, kacang-kacangan dan biji-bijian utuh. Ilustrasi daging sapi kobe Ilustrasi daging sapi kobe(hungryworks)

2. Seng

Sebuah studi yang dipublikasikan di The Indian Journal of Pharmacology tahun 2013 lalu menemukan, seng (zinc) dinilai mampu mengurangi kecemasan pada objek tikus jantan. Sebagai tambahan, sebuah studi kecil yang dilakukan Pfeiffer Treatment Center menemukan bahwa terapi seng bisa mengambil peran dalam mengurangi gejala kecemasan. Seng secara alami terdapat pada makanan seperti kerang, daging sapi, dan jambu monyet. Riset lebih lanjut diperlukan untuk melihat peran seng dalam mereduksi kecemasan.

3. Tinggi kalsium

Kalsium dikenal mampu mereduksi tingkat kortisol atau hormon stres yang kerap dikaitkan dengan kecemasan. Pada Pria Artikel yang dipublikasikan Nutrition Research and Practice di tahun 2012 lalu mengungkap temuan itu. Disebutkan, para peneliti Korea menemukan adanya keterkaitan antara pola makan rendah kalsium dan depresi pada wanita usia dewasa menengah. Beberapa makanan tinggi kalsium antara lain adalah produk susu, seperti susu dan keju. Namun, sayur-sayuran hijau seperti kale juga dinilai mampu memberikan suntikan kalsium yang cukup. 

4. Lemak ikan omega 3

Halaman
123
Editor: Rita
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved