Masyarakat Pesisir Tidak Perlu Khawatir Fenomena Supermoon Tidak Berdampak di Tarakan

Oleh karena itu masyarakat di Kaltara khususnya Kota Tarakan tidak perlu resah. Apalagi cuaca dari pagi hingga sore hari cerah

Masyarakat Pesisir Tidak Perlu Khawatir Fenomena Supermoon Tidak Berdampak di Tarakan
TRIBUN KALTIM/GEARFY NECOLSEN
Fenomena alam di mana posisi bulan dekat dengan bumi (perigee) diperkirakan masih akan belangsung hingga Selasa, (22/1/2019) ini. 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengelurkan rilis secara resmi mengenai fenomena Supermoon yang terjadi di beberapa daerah pesisir di Indonesia. Pasalnya fenomena Supermoon dapat menyebabkan air laut pasang.

Dalam rislinya disebutkan pasang air laut terjadi di sejumlah daerah pesisir di Indonesia, di antaranya di pesisir Utara Jawa Timur dan Jawa Tengah, Cilacap, Makassar dan pesisir Kalimantan Barat (Kalbar). Supermoon terjadi mulai 19 hingga 22 Januari 2019.

Bagaimana dengan pesisir Kalimantan Utara (Kaltara)? Karena sebagian masyarakat Kaltara yang tinggal di pesisir khawatir dengan fenomena Supermoon. Jangan sampai terjadi lagi pasang air laut yang pernah terjadi pada Januari tahun 2018 lalu.

Prakirawan BMKG Kota Tarakan Wilem Sinaga mengungkapkan, untuk pesisir di Kaltara, seperti di Kota Tarakan tidak berdampak. Sehingga masyarakat Kaltara, khususnya Kota Tarakan tidak perlu khawatir dengan fenomena Supermoon ini.

"Jadi masyarakat yang tinggal di pesisir Kota Tarakan tidak perlu khawatir karena peringatan dini yang dikeluarkan BMKG terkait fenomena Supermoon ini, untuk pesisir di Kaltara terutama Kota Tarakan tidak berdampak, sehingga masih aman," ucapnya, Senin (21/1/2019).

Wilem Sinaga mengatakan, Supermoon ini pun tidak mempengaruhi tinggi gelombang. Untuk hari ini (kemarin), Senin (21/1/2019) ketinggian gelombang air laut mencapai 0,75 meter sampai 1,5 meter. Sedangkan untuk besok, (hari ini, red) Selasa (22/1/2019) ketinggian gelombang 0,25 meter sampai 1 meter.

"Oleh karena itu masyarakat di Kaltara khususnya Kota Tarakan tidak perlu resah. Apalagi untuk besok (hari ini) cuaca dari pagi hingga sore hari cerah berawan. Malam harinya pukul 20.00 cuaca cerah namun dini hari berawan," ujarnya.

Seperti diketahui, fenomena Supermoon pernah terjadi di Kota Tarakan pada Januari 2019. Supermoon ini berdampak meningkatnya pasang air laut. Akibatnya masyarakat Kota Tarakan yang berada di pesisir terkena dampaknya hingga sebagian rumah warga yang ada di pesisir kemasukan air laut. (*)

PASANG AIR LAUT DI SEJUMLAH DAERAH PESISIR
* Pesisir Utara Jawa Timur
* Pesisir Utara Jawa Tengah
* Cilacap
* Makassar
* Pesisir Kalimantan Barat

Penulis: Junisah
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved