Berita Video

VIDEO - 210 Napi Ditempatkan di Lapas Perempuan yang Baru

"Satu kamar dihuni sekitar 24 napi perempuan," kata Asti. Sedangkan kapasitas lapas sendiri mencapai 252 orang.

VIDEO - 210 Napi Ditempatkan di Lapas Perempuan yang Baru
tribunkaltim.co/ taufik
Petugas lapas berjaga di depan Lapas Perempuan dan anak Tenggarong, Kukar, Kamis (24/1/2019). Sebanyak 210 napi perempuan asal Lapas Samarinda dan Tenggarong dipindahkan ke gedung baru Lapas Perempuan Klas IIA Samarinda di Tenggarong. 

Laporan wartawan Tribun Kaltim, Rahmad Taufik

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Sebanyak 210 narapidana (napi) perempuan dari Lapas Samarinda dan Tenggarong dipindahkan ke gedung baru Lapas Perempuan Klas IIA Samarinda di Tenggarong, Kamis (24/1/2019). Mereka diangkut menggunakan 5 bus dari Samarinda dengan pengawalan petugas dari Polresta Samarinda.

Para napi perempuan langsung menempati 9 kamar yang tersedia di Lapas Perempuan itu. Kepala Lapas Perempuan Klas IIA Samarinda, Sri Astiana mengatakan, 210 napi yang baru dipindahkan ini menempati 9 kamar hunian yang tersedia.

 "Satu kamar dihuni sekitar 24 napi perempuan," kata Asti. Sedangkan kapasitas lapas sendiri mencapai 252 orang.

Intip 5 Koleksi Barang Mahal Milik Bintang Bollywood Kareena Kapoor, Paling Murah Rp 200 Juta

Pengunjung Plaza Balikpapan dapat Reward, Bertabur Hadiah Voucher Nonton dan Gadget

Dari 210 napi perempuan asal Lapas Samarinda, 21 orang di antaranya ditempatkan sementara di Lapas Klas IIB Tenggarong.

Ia menjelaskan, dari 5 bus yang membawa 210 napi perempuan asal Lapas Samarinda, 4 bis menurunkan 189 napi ke Lapas Perempuan dan sebuah bus berisi 21 orang napi menuju ke Lapas Tenggarong.

"Sebanyak 21 orang napi ini dititipkan ke Lapas Tenggarong agar bisa membaur, setelah bisa membaur mereka akan ditempatkan ke Lapas Perempuan," tuturnya.

Asti mengatakan, pemindahan napi perempuan ke Lapas Perempuan ini dilakukan secara bertahap mengingat lapas baru ini memang diperuntukkan buat napi perempuan se-Kaltimtara.

Saat Putusan Dibacakan, Keceriaan Gisel saat Tiba di Pengadilan Hilang, Hakim Sempat Tanyakan 1 Hal

VIDEO - Kapal Penumpang Rute Surabaya-Balikpapan Dihempas Gelombang 6 Meter di Masalembo

"Nomenklaturnya memang Lapas Perempuan Klas IIA Samarinda tapi tempatnya di Tenggarong," ujarnya. Sedangkan jumlah petugas jaga dan regu pengamannya di Lapas Perempuan ini mencapai 32 orang.

"Total sama pegawai kami mencapai 60 orang, untuk saat ini jumlahnya masih ideal antara petugas dengan warga binaannya," kata Asti.

Lapas baru ini dilengkapi sarana olahraga, kegiatan kerja, dapur, poliklinik dan ruang kunjungan bagi keluarga napi.

"Kami masih belum memiliki sarana tempat ibadah mengingat ketidaktersediaan lahan. Jadi tempat ibadah memanfaatkan ruang kunjungan pada saat selesai kunjungan sehingga warga binaan bisa tetap beribadah secara berjamaah. Mereka juga bisa beribadah di dalam masing-masing kamar hunian mereka," ucapnya.

Simak Videonya :

(*)

Penulis: Rahmad Taufik
Editor: Arif Fadilah
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved