KPU Tarakan Masih Mencari Gudang untuk Merakit Kotak Suara

Dalam melakukan perakitan kotak suara kami melibatkan rekan-rekan yang ada di sekretariat KPU Kota Tarakan.

KPU Tarakan Masih Mencari Gudang untuk Merakit Kotak Suara
TRIBUN KALTIM/MUHAMMAD ARFAN
Ilustrasi: Sejumlah kotak suara saat masih dikumpulkan di Gedung Balai Pertemuan Umum (BPU) Tanjung Selor, beberapa waktu lalu sebelum didistribusikan ke TPS. 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN - Menjelang Pemilu 2019 yang akan dilakukan 17 April mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tarakan melakukan berbagai persiapan. Salah satunya mempersiapkan perakitan kotak suara.

Anggota KPU Kota Tarakan, Rika Riasari mengungkapkan, pihaknya akan melakukan perakitan kotak suara di Februari minggu pertama atau kedua. Rencananya ada 3.000 lebih kotak suara yang akan dilakukan perakitan..

"Dalam melakukan perakitan kotak suara kami melibatkan rekan-rekan yang ada di sekretariat KPU Kota Tarakan. Namun kalau nanti masih kurang tenaganya, kami akan melibatkkan teman-teman yang ada di PPK dan PPS," ucapnya, Rabu (30/1).

Wanita yang akrab disapa Rika mengatakan, untuk melakukan perakitan kotak suara pihaknya membutuhkan tempat yang luas. Pasalnya saat ini kotak suara yang masih disimpan di sebuah gudang oleh pihaknya ini tempatnya tidak terlalu luas.

"Karena tidak terlalu luas tempatnya inilah, jadi kami saat ini sedang fokus melakukan survey gudang untuk dapat dilakukan perakitan kotak suara. Kami mencari gudang yang tentu tempatnya yang harus luas dan cukup besar dalam melakukan perakitan kotak suara," ujarnya.

Menurut Rika, hampir sebagian besar logistik untuk Pemilu 2019, telah dipersiapkan oleh pihaknya. Mulai dari sampul, alat tulis, tanda pengenal dan lainnya. Hanya saja untuk surat suara dan formulir yang belum dikirim oleh KPU Pusat.

"Kami masih menunggu kedatangan surat suara dan formulir. Diprediksikan Maret mendatang surat suara dan formulir sudah datang. Sebab surat suara ini secara serentak telah dicetak 20 Januari kemarin. Oleh karena itu kami berharap saat surat suara dan formulir datang, perakitan kotak suara telah selesai kami lakukan," ucapnya

Seperti diketahui kotak suara yang dikirim KPU Pusat telah datang di KPU Kota Tarakan Oktober 2018 lalu. Lembaran kotak suara ini langsung disimpan di sebuah gudang yang disewa KPU Tarakan. Rencaanya Februari baru akan dilakukan perakitan kotak suara. (*)

Penulis: Junisah
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved