Nikmatnya Soto Balikpapan, Perpaduan Multikultur di Kota Minyak yang Dituangkan Dalam Bentuk Soto

Dewi, sapaan akrabnya, mengatakan, ide terciptanya Soto Balikpapan tersebut merupakan representasi dari beragamnya etnis dan budaya di Balikpapan.

Nikmatnya Soto Balikpapan, Perpaduan Multikultur di Kota Minyak yang Dituangkan Dalam Bentuk Soto
Tribunkaltim.co/ Aditya Hafidz
Soto Balikpapan, perpaduan antara Soto Makassar, Soto Banjar dan Soto Lamongan dengan komposisi kuah menggunakan buah lokal, yaitu Terong Asam Dayak. 

Nikmatnya Soto Balikpapan, Perpaduan Multikultur di Kota Minyak yang Dituangkan Dalam Bentuk Soto

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Keberagaman etnis dan budaya di Kota Balikpapan membuat sedikit banyak mempengaruhi berbagai sektor, mulai dari ekonomi, sosial dan budaya, hingga kulinernya.

Berbagai macam kuliner dari berbagai daerah dapat dijumpai di kota berjuluk Kota Minyak ini, mulai dari Soto Makassar, Soto Banjar, Sate Madura, dan lain sebagainya.

Terlena dengan tersedianya kuliner dari berbagai macam daerah tersebut, membuat kuliner asli Balikpapan kurang terlihat akselerasinya.

Ini Tarif dan Cara Pelaku Cari Pasien Aborsi, Pernah Pasang Iklan di Instagram

BNK PPU Lakukan Tes Urine di Sejumlah OPD, 2 Tenaga Harian Lepas Positif Narkoba

Penyedia Jasa Aborsi di Balikpapan Terbongkar, 7 Orang Jadi Tersangka, Ini Peran Masing-masing

Dari keresahan tersebut, Nidia Andewi, tergerak untuk menambah khasanah di dunia kuliner Balikpapan yang diberi nama Soto Balikpapan.

Soto Balikpapan dapat Anda temui di Eatsotic Food Avenue Pentacity Mall 1st Floor dengan nama Soto Balikpapan D'Lingiss, dan di kawasan Martadinata.

Dewi, sapaan akrabnya, mengatakan, ide terciptanya Soto Balikpapan tersebut merupakan representasi dari beragamnya etnis dan budaya di Balikpapan.

Soto Balikpapan merupakan perpaduan dari Soto Makassar, Soto Banjar dan Soto Lamongan.

"Jadi awal mula ide Soto Balikpapan itu, saat saya sedang jalan dengan teman-teman saya. Nah, ketika lapar, pilihan makanan yang diinginkan berbeda-beda, temen saya yang Banjar pengen Soto Banjar, yang orang Bugis pengen Soto Makassar. Nah dari situlah saya terfikir, mengapa tidak ada Soto Balikpapan. Lalu selama 2 tahun saya coba racik bumbunya dan 2016 baru bisa disajikan kepada masyarakat luas," ujar Dewi.

Di dalam semangkuk Soto Balikpapan terdapat bahan-bahan makanan seperti soun, wortel, kol, kecambah, suwiran daging sapi dan iga.

Halaman
123
Penulis: Aditya Rahman Hafidz
Editor: Anjas Pratama
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved