Kabar dari Kubar

Sosialisasi Pendidikan Politik di SMAN 3 Sendawar, Sekda Ingatkan Pemilih Pemula tak Golput

Sebanyak 111 siswa-siswi SMAN 3 Sendawar di Kecamatan Sekolaq Darat mengikuti sosialisasi pendidikan politik bagi pemilih pemula

Sosialisasi Pendidikan Politik di SMAN 3 Sendawar,  Sekda Ingatkan Pemilih Pemula tak Golput
IST/HUMAS
SOSIALISASI - Sekretaris Kabupaten Yacob Tullur memimpin Apel Sosialisasi Pendidikan Politik bagi Pemilih Pemula 'Goes to School SMAN 3 Sendawar' di Kecamatan Sekolaq Darat. 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR - Sebanyak 111 siswa-siswi SMAN 3 Sendawar di Kecamatan Sekolaq Darat mengikuti sosialisasi pendidikan politik bagi pemilih pemula yang diselenggarakan Pemkab Kubar melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik di sekolah. Apel sosialisasi pendidikan politik bagi pemilih pemula 'goes to school' dipimpin Sekretaris Kabupaten Drs Yacob Tullur MM, Senin (18/2).

Sekda Yacob Tullur menuturkan, perhelatan akbar, pesta demokrasi Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilu Legislatif 2019 kali pertama dilaksanakan secara bersamaan. Oleh sebab itu bukan hanya pemilih pemula yang baru menjalankan perhelatan ini, termasuk yang sudah dewasa mengikuti pemilihan juga baru mengalami pemilihan serentak.

Sosialisasi bagaimana memberikan hak pilih kita dalam dua kegiatan bersamaan yakni Pilpres dan Pemilu Legislatif sangat perlu dipahami.

Mantan Preman dan Pemabuk Ini Akhirnya jadi Petani Sukses, Berubah saat Ingat Uang Sekolah Anak

"Seperti halnya pemilih pemula, pada pemilu 17 April mendatang surat suara tidak seperti pemilihan sebelumnya. Surat suara tidak terdapat foto caleg. Saat ini hanya ada nomor dan nama caleg. Perlu ketelitian para pemilih agar dalam memilih betul-betul tepat sehingga kita memilih yang terbaik di antara yang baik," kata Sekda.

Sekali lagi Sekda mengingatkan kepada para pemilih pemula jangan sampai tidak memberikan hak pilih alias golput. "Sebagai pemilih pemula harus mengetahui etika, dan moral politik, selain itu juga sebagai sarana untuk memberikan kesadaran hak dan kewajiban sebagai warga negara yang berpartisipasi aktif dalam kehidupan demokrasi berbangsa dan bernegara," terangnya.

Dikemukakan, pendidikan politik bagi pemilih pemula yang utama mengenai etika dan moral berpolitik yang baik berdasarkan nilai-nilai yang terkandung dalam ajaran agama. "Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila karena itu sebagai dasar pandangan hidup dalam berbangsa dan bernegara," jelasnya.

VIDEO - Menjajal Sensasi Slalom dengan Para Juara Asal Berau

Sekda berharap dengan adanya sosialisasi ini, para siswa bisa menyalurkan pengetahuannya kepada para pemilih pemula yang lainnya sehingga bisa tercipta demokrasi yang baik.

Ketua OSIS SMAN 3 Sendawar Yohanes Angga mengatakan dengan adanya sosialisasi ini dirinya semakin mengerti dan mempunyai gambaran mengenai politik. "Sebagai calon pemilih pemula melalui sosialisasi ini bisa lebih mengerti dan mempunyai gambaran mengenai politik," tuturnya.

Ia juga mengatakan siap menggunakan hak dan kewajibannya pada Pemilu 17 April mendatang. "Saya siap menggunakan hak pilih dan siap menjadi pemilih yang cerdas," tandasnya. (hms10)

Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved