Kabar dari Kubar

Wabup Kubar Minta Warga Aktifkan Siskamling, Jaga Kubar Tetap Aman dan Kondusif

Wabup Kutai Barat (Kubar) Edyanto Arkan meminta masyarakat mengaktifkan kembali sistem keamanan lingkungan (siskamling)

Wabup Kubar Minta Warga Aktifkan Siskamling, Jaga Kubar Tetap Aman dan Kondusif
HUMAS PEMKAB KUBAR
Wabup Kubar Edyanto Arkan (tengah) bersama Asisten 3 Sekkab Kubar Asrani dan Kepala BP3D Kubar Achmad Sofyan 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR - Wabup Kutai Barat (Kubar) Edyanto Arkan meminta masyarakat mengaktifkan kembali sistem keamanan lingkungan (siskamling) di perkampungan masing- masing untuk mencegah kejahatan dan meningkatkan pengawasan terhadap aktivitas yang mencurigakan.

"Siskamling itu penting, dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) tetap kondusif," tegas Wabup Edyanto usai meninjau Shalter PKL, di Kelurahan Melak Ulu, Kamis (14/2).

Wabup menambahkan, siskamling dinilai berfungsi melakukan pengawasan keluar masuknya seseorang atau pendatang baru, di wilayah rukun tetangga, kampung dan kelurahan. Selain itu, keberadaan sekitarnya baik keamanan api, kriminalitas dan lainnya.

Sosialisasi Pendidikan Politik di SMAN 3 Sendawar, Sekda Ingatkan Pemilih Pemula tak Golput

"Sehingga jika ada yang mencurigakan dapat dideteksi lebih dini," tegasnya. Terkait isu pembakaran rumah kosong di wilayah Kelurahan Melak Ilir, Wabup mengimbau warga tetap tenang dan jangan risau.

"Untuk itu, mari bersama-sama menjaga Kabupaten Kubar ini tetap aman dan kondusif. Salah satunya, menggiatkan kembali kegiatan sikamling ini seperti ronda malam," ucapnya.

Camat Melak Muhammad Japar mendukung imbauan Wakil Bupati terkait siskamling ini. Pihaknya sudah menyurati seluruh lurah dan kepala kampung untuk mengaktifkan kembali pos kamling di setiap RT masing-masing.

Siskamling menjadi cara dalam mencegah terjadinya gangguan kamtibmas seperti pencurian dan beberapa gangguan lainnya. Untuk itu, pengurus lingkungan baik RT dapat mengatur warganya demi meningkatkan kegiatan siskamling tersebut.

VIDEO - Detik-detik Aksi Pencurian Kotak Amal Masjid di Samarinda

Apabila masyarakat ingin berpergian dalam waktu lama, pastikan dahulu keamanan rumah dan menitipkan rumahnya kepada tetangga atau keluarganya. Menjaga kamtibmas bukan hanya tugas aparat berwenang, namun juga masyarakat. "Jika ada sesuatu mencurigakan harap lapor ke petugas berwenang," imbaunya.

Kapolsek Melak AKP Djoko Purwanto menambahkan agar kamtibmas tetap kondusif. Pihaknya terus memonitor aktivitas warga di malam hari, dengan melakukan patroli. Selain itu, menyampaikan kepada imbauan berupa lisan melalui masjid-masjid. "Di antaranya, salat Jumat, serta membagikan brosur kepada ketua rukun tetangga," tandasnya. (hms)

Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved