Gubernur Kaltara Lantik Walikota dan Wakil Walikota Tarakan, Ini Pesan buat Khairul-Effendhi

Gubernur Kalimantan Utara Dr H Irianto Lambrie melantik dr Khairul dan Effendi Djuprianto sebagai Walikota dan Wakil Walikota Tarakan

Gubernur Kaltara Lantik Walikota dan Wakil Walikota Tarakan,  Ini Pesan buat Khairul-Effendhi
TRIBUN KALTIM/MUHAMMAD ARFAN
Pasangan Walikota dan Wakil Walikota Tarakan periode 2019-2024 dr Khairul-Effendhi Djuprianto dilantik di gedung gabungan dinas Pemprov Kaltara, Jumat (1/3/2019) oleh Gubernur Irianto Lambrie. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR -  Gubernur Kalimantan Utara Dr H Irianto Lambrie melantik dr Khairul dan Effendi Djuprianto sebagai Walikota dan Wakil Walikota Tarakan periode 2019-2020 di Gedung Gabungan Pemprov Kaltara, Jumat (1/3). Pasangan Khairul-Effendi terpilih melalui Pilkada Kota Tarakan, Juni 2018 lalu menggantikan Sofian Raga dan Khaeruddin Arief Hidayat.

PENGAMBILAN sumpah dan pelantikan berlangsung khidmat dihadiri sejumlah pejabat di lingkup Pemprov Kaltara, Pemkot Tarakan, Bupati serta pimpinan DPRD se-Kaltara. Hadir pula sejumlah tokoh masyarakat di Kaltara, di antaranya mantan Walikota Tarakan dr Jusuf SK.

"Secara pribadi dan atas nama Pemprov Kaltara, saya mengucapkan selamat kepada dr Khairul dan Effendi Djuprianto yang baru diambil sumpah, dilantik sebagai Walikota dan Wakil Walikota Tarakan 2019-2024. Selamat juga kepada keluarganya. Semoga bisa menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya," ucap Irianto.

Ikan Langka yang Diyakini Pertanda Gempa dan Tsunami Ditemukan di Jepang, Begini Penampakannya

Penghargaan dan terima kasih juga disampaikan kepada Walikota dan Wawali Tarakan 2014-2019, Sopian Raga beserta istri dan Khairuddin Arief Hidayat. "Semoga pengabdian dan jasa-jasanya menjadi amal ibadah dan mendapatkan pahala dari Allah SWT," lanjutnya.

Kepada Walikota dan Wawali Tarakan yang baru dilantik, Gubernur menyampaikan beberapa pesan. Pertama, mengajak meluruskan niat, sebelum memulai tugasnya.

"Tanya pada diri kita, untuk apa menjadi walikota dan wakil walikota. Ini penting, segala sesuatu harus kita awali dengan niat baik. Sesuai dalam agama, dengan niat yang baik, InsyaAllah apa yang kita kerjakan, kita inginkan berjalan dengan baik juga. Terpenting akan mendapatkan rahmat dan ridho dari Allah SWT," ujar Gubernur.

Irianto juga berpesan agar kepala daerah memahami semua peraturan dan perundang-undangan yang ada. "Jangan sampai kita melanggar sumpah yang sudah kita ucapkan. Sumpah ini tidak hanya disaksikan oleh kita yang hadir, tapi Allah SWT Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui," sebutnya.

Kasus Kekerasan Seksual terhadap Anak di Kaltim Jadi Sorotan, Selama 2018 Terjadi 154 Kasus

Kepada para pemimpin, termasuk Walikota dan Wakil Walikota Tarakan yang terpilih harus paham dan banyak belajar menjalankan pemerintahan dan pembangunan. Kepala daerah adalah milik seluruh masyarakat. Baik yang waktu pemilihan memilih atau bukan. Diharapkan, kepala daerah tidak membeda-bedakan masyarakatnya.

Tarakan kata Gubernur, memiliki posisi strategis, sebagai pintu gerbang Kalimantan Utara. Diperlukan kerja keras, dalam menjalankan pembangunan. Dalam kesempatan itu, Gubernur juga menyampaikan beberapa hal tentang tugas dan kewenangan Gubernur selaku perwakilan pemerintah pusat di daerah.

Sesuai aturan perundang-undangan, Gubernur memiliki kewajiban melakukan pembinaan, pengawasan dan juga mengkoordinasi jajaran pemerintah daerah di bawahnya.

RESMI RILIS - Spesifikasi dan Harga Redmi Note 7 Pro, Cek Varian Warnanya 

"Antara pemerintah pusat, pemprov, pemkab/pemkot harus selalu bersinergi. Termasuk dalam menyusun RPJMD yang disusun kabupaten/kota harus mengikuti provinsi. Begitu pun provinsi harus mengikuti pusat," sebutnya. (*/wil)

Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved