Hari Ini Gubernur Kaltara Lantik Khairul-Effendhi jadi Walikota dan Wawali Tarakan

Lalu mekanisme tentang pengaturan dan pembagian kewenangan, mekanisme komunikasi dan koordinasi

Hari Ini Gubernur Kaltara Lantik Khairul-Effendhi jadi Walikota dan Wawali Tarakan
TRIBUN KALTIM/JUNISAH
Paslon Khairul-Effendhi Djuprianto (pakai baju biru hitam dan kopiah hitam) ditetapkan sebagai paslon terpilih oleh KPU Kota Tarakan, Kamis (26/7/2018) malam di Gedung Wisma Patra. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR- Walikota dan Wakil Walikota Tarakan terpilih, Khairul-Effendhi Djuprianto dilantik hari ini, Jumat (1/3/2019) oleh Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie di Gedung Gabungan Dinas Pemprov Kalimantan Utara.

Pelantikan Khairul-Effendhi Djuprianto bakal disaksikan 800 tamu undangan. Pemprov Kalimantan Utara menyebarkan 250 undangan untuk menghadiri prosesi ini. Sedang Pemkot Tarakan juga mengundang sebanyak 250 orang.

Belakangan ada permintaan tamu undangan sebanyak 700-800 orang. Pengamatan Tribunkaltim.co, di halaman gedung gabungan dinas telah dipasang tenda untuk menampung tamu undangan.

Untuk diketahui, pelantikan yang diselenggarakan di ibukota provinsi ini mengacu pada ketentuan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota. Dalam Pasal 164 undang-undang tersebut mengamanatkan, pelantikan bupati/walikota dilakukan oleh Gubernur di ibukota provinsi yang bersangkutan.

Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie menjelaskan, salah satu kunci suksesnya kepemimpinan kepala daerah adalah melahirkan kebijakan-kebijakan yang pada intinya untuk memajukan daerah dan mensejahterakan masyarakat.

Selain itu, sebutnya, kepala daerah harus memahami peraturan perundang-undangan dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai kepala daerah.

"Lalu mekanisme tentang pengaturan dan pembagian kewenangan, mekanisme komunikasi dan koordinasi dengan instansi lain baik vertikal maupun daerah," ujarnya. (*)

PEROLEHAN SUARA PILKADA KOTA TARAKAN 2018
BERDASARKAN PENETAPAN HASIL OLEH KPU

1. Hj. Umi Suhartini dan H Mahrudin Mado
25.525 suara (28,13%)

2. Khairul dan Effendhi Djuprianto
28.208 suara (31,08%)

3. H. Badrun, dan Ince A. Rifai
17.961 suara (19,79%)

4. Sofyan Raga dan Sabar Santuso
19.057 suara (21%)

Sumber: Laman resmi KPU RI (wil)

Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved