Kesehatan

Kandungan Vitamin C Kiwi Gold Tiga Kali Lipat Dibanding Jeruk

Rasanya yang segar dengan kombinasi manis dan asam, membuat buah ini digemari banyak orang.

SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Rasanya yang segar dengan kombinasi manis dan asam, membuat buah ini digemari banyak orang. Dibanding buah kiwi hijau, buah kiwi gold menyimpan lebih banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Kandungan vitamin C pada kiwi gold, 3 x kandungan vitamin C pada buah jeruk. Yang lebih istimewa, nutrisi satu buah kiwi gold sama seperti nutrisi 10 buah apel.

Hasil riset yang dilakukan oleh University of Otago menemukan, bahwa mengonsumsi varian buah kiwi gold sebanyak 2 buah per hari dapat mengurangi mood yang buruk, mengurangi kelelahan dan depresi, serta dapat menaikkan semangat.

Riset dilakukan kepada pria berusia 18-35 tahun yang dibagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama, mengonsumsi varian buah kiwi gold sebanyak setengah butir (53 mg), dan kelompok kedua mengonsumsi 2 butir buah kiwi gold atau setara dengan 212 mg selama 6 minggu.

Setelah 6 minggu, penelitian membuktikan kelompok yang mengonsumsi kiwi gold yang kaya akan vitamin C sebanyak 2 buah per hari mengalami penurunan Total Mood Disturbance (TMD) atau gangguan suasana hati, kelelahan berkurang sebanyak 38%, depresi berkurang sebanyak 34%, dan semangat meningkat sebanyak 31%.

Menurut Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc. MS. Sp.GK, dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, buah kiwi gold mengandung vitamin C dan serat yang tinggi, antioksidan, mineral, vitamin E dan berbagai nutrisi lainnya. Konsumsi dua buah ini memiliki jumlah serat yang setara dengan semangkuk sereal.

Baca: Vitamin C dari Buah Disimpan Tubuh Lebih Lama

“Bukan hanya baik dikonsumsi oleh orang dewasa, kandungan vitamin C yang tinggi membuat buah kiwi gold juga sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan untuk menghindarkan mereka dari penyakit, serta membantu mempercepat penyerapan zat besi,” ujar dr. Fiastuti pada Kompas.com saat ditemui dalam acara Awali dengan Kiwi, “Start Your Day With Zespri (R) Kiwifruit” di Jakarta.

Berikut berbagai manfaat buah kiwi gold yang baik bagi kesehatan tubuh:

- Membantu proses metabolisme. Kandungan seratnya yang tinggi membantu proses metabolisme, terutama ketika usia semakin berumur dan kemampuan metabolisme semakin menurun. Bahkan bermanfaat bagi yang sedang mengikuti program diet, karena kiwi gold rendah kalori (57 kcal /100 g).

Halaman
12
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved