Barita Video

VIDEO – Sawah di Tengah Danau Hanya Ada Kabupaten Ini

Sebuah alur di tengah danau, tempat perahu warga melintas, membelah hamparan padi yang hijau. Alur itu memiliki air agak dalam sehingga perahu ces mas

VIDEO – Sawah di Tengah Danau Hanya Ada Kabupaten Ini
TribunKaltim/Rahmad Taufik
Masyarakat di Desa Melintang, menam Padi di tengah Danau Melintang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur 

Laporan Wartawan TribunKaltim.co, Rachmat Taufik

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Musim kemarau panjang tak hanya membuat air sungai surut, tapi Danau Melintang di Desa Melintang, Kecamatan Muara Wis, Kabupaten Kutai Kartanegara mengering.

Para nelayan pun tak lagi menjala ikan. Mereka beralih profesi menjadi petani yang menanam padi di tengah danau. Padi yang berusia hampir 2 bulan itu tumbuh di tengah danau yang airnya surut.

(Simak juga: VIDEO – Jembatan Terbesar di Asia Segera Rampung )

Ini menjadi pemandangan yang tak lazim bagi warga, terutama dari luar daerah tersebut, hamparan padi tumbuh di dasar danau yang airnya surut.

Sebuah alur di tengah danau, tempat perahu warga melintas, membelah hamparan padi yang hijau. Alur itu memiliki air agak dalam sehingga perahu ces masih bisa lewat.

Warga sekitar sudah memperkirakan padi akan siap dipanen sebelum datang musim hujan. Sekretaris Camat Muara Wis, Arianto mengatakan, mayoritas warga di Muara Wis memiliki mata pencarian sebagai nelayan.

"Danau yang menjadi tempat usaha masyarakat kering, nelayan tidak ada kerjaan lagi. Akhirnya mereka beralih profesi jadi petani," ujarnya.

Saat air danau melimpah, warga sekitar mencari ikan. Tapi dalam 2-3 bulan terakhir, air danau surut akibat kemarau panjang.

Sisa-sisa air danau yang surut justru dimanfaatkan untuk tanam bibit padi. Arianto menyebutkan luasan lahan yang ditanami padi mencapai 100-an hektar.

Halaman
12
Penulis: Rahmad Taufik
Editor: Martinus Wikan
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved