Kabut Asap

Tercatat 2.400 kasus ISPA di Balikpapan

Ini kita belum tahu pada kategori apa, untuk hal itu silahkan ke BLH, yang penting itu kalau asap harus menggunakan masker

Tercatat 2.400 kasus ISPA di Balikpapan
TRIBUN KALTIM/GEAFRY NECOLSEN
Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Berau terus berupaya memadamkan lahan gambut yang terbakar di berbagai kecamatan di Kabupaten Berau. 

Laporan wartawan Tribun Kaltim, Siti Zubaidah

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Ada sekitar 2.400 kasus yang di Balikpapan tercatat terjangkit ISPA, dalam waktu 35 minggu. Dan setiap pekan tercatat 65 kasus.

Dinas Kesehatan Kota Balikpapan mengimbau bagi warga Balikpapan yang melakukan aktivitas di luar rumah diharapkan menggunakan masker.

Ballerina JPP Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan mengatakan, selain penyakit ISPA, asap juga bisa menyerang mata, bisa membuat mata merah, dan perih, itu asap.

"Ini kita belum tahu pada kategori apa, untuk hal itu silahkan ke BLH, yang penting itu kalau asap harus menggunakan masker, kalau jalan jangan terkena langsung, pakai kacamata," kata Ballerina.

Menurutnya, karena asap itu bisa menyebabkan mata merah, dan penyakit ini bisa menyerang semua usia.

"Semua usia bisa kena penyakit tersebut, itu tidak pandang bulu, mau dari anak-anak sampai orang dewasa bisa saja, kecuali mungkin anak-anaknya di dalam rumah saja, jarang keluar, kemungkinan efeknya atau dampaknya kecil," ujarnya. (*)

Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Ahmad Bayasut
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved