Insiden Lempar Jumroh

Jemaah Haji Asal Kaltim Terhindar dari Tragedi Mina

Namun untungnya, tidak ada jemaah haji asal Kaltim yang menjadi korban terinjak-injak hingga tewas.

Jemaah Haji Asal Kaltim Terhindar dari Tragedi Mina
Getty Images
Korban berjatuhan dalam insiden Mina 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Kabar gembira bagi keluarga jemaah haji asal Kalimantan Timur.

Pasalnya ribuan jemaah haji asal provinsi ini dipastikan tidak ada yang menjadi korban insiden di Mina, Arab Saudi, pada saat ibadah lempar jumroh, Kamis (24/9/2015) silam.

Prosesi melempar jumroh yang wajib dilakukan seluruh jemaah haji dari belahan dunia berujung pada tewasnya ratusan jemaah haji. Namun untungnya, tidak ada jemaah haji asal Kaltim yang menjadi korban terinjak-injak hingga tewas.

Baca: BREAKING NEWS - 220 Jamaah Haji Tewas Ketika Lempar Jumroh ...

Kepala Bidang Haji Kemenag Kaltim Suryansyah menjelaskan, sebanyak 2.239 jemaah haji asal Kaltim yang tersebar di enam kloter, yakni 1, 6, 7, 8, 9 dan 12, dipastikan tidak ada yang menjadi korban tragedi di Mina, Arab Saudi.

"Hingga saat ini belum ada laporan jemaah kita yang menjadi korban, semoga saja tidak ada korban lagi," ucapnya.

Dia menjelaskan, tidak ada korban jiwa asal Kaltim, lebih disebabkan karena seluruh jemaah melakukan lemparan jumroh pada pukul 01.00 malam waktu Arab Saudi, dan tidak mengikuti jadwal pelemparan jumroh, yakni pada pukul 10.00 pagi waktu Arab Saudi.

"Jadi, jemaah Kaltim, melempar jumroh duluan, sekitar pukul 01.00 tengah malam, jadi tidak mengikuti jadwal yang ada yakni sekitar pukul 10.00 pagi, yang mengakibatkan banyaknya jatuh korban jiwa," tuturnya.

Baca: Inilah Foto-foto Tragedi Lempar Jumrah Tewaskan Ratusan Jamaah ...

Hingga saat ini, jemaah Kaltim yang meninggal dunia di Arab Saudi, hanya satu orang, yang berasal dari kloter satu Balikpapan, atas nama Fatimah binti Nanang Leo.

Fatimah meninggal bukan karena insiden jatuhnya crane maupun tragedi Mina, melainkan sakit selama menjalani prosesi ibadah haji.

"Satu orang jemaah kita meninggal, karena sakit. Semoga amal ibadahnya dapat diterima di sisi-Nya," tuturnya. (*)

***

UPDATE berita eksklusif, terkini, unik dan menarik dari Kalimantan. Like fb TribunKaltim.co  Follow  @tribunkaltim, Tonton Video Youtube TribunKaltim

Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved