Ribuan Arsip Penting Berserakan di Gudang Disdukcapil

Sebagian lagi, memang terlihat terjejer rapi di dalam map dan disusun di rak-rak yang ada di lantai 2 gudang.

TRIBUN KALTIM / DOAN E PARDEDE
Tumpukan dokumen akta kelahiran warga Samarinda berserakan begitu saja digudang penyimpanan Kantor Disdukcapil Samarinda, Jl Milono, Selasa (6/10/2015) 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Doan Pardede

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Kondisi penyimpanan ribuan arsip terkait akta kelahiran masyarakat Samarinda di gudang penyimpanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Samarinda, Jl Milono, ternyata sangat memprihatinkan.

Kenyataan itu terungkap dalam inspeksi mendadak (sidak) Komisi I DPRD Samarinda yang dipimpin Ketua Komisi I Muhammad Rudi ke lokasi gedung, Selasa (6/10/2015) siang.

Pantauan Tribunkaltim.co, sebagian arsip hanya diletakkan begitu saja di barisan anak tangga masuk gudang.

Dan di lantai 2 gudang, di ruangan dengan seukuran kamar tidur ratusan berkas malah berserak begitu saja di salah satu sudut gudang.

Sebagian lagi memang terlihat terjejer rapi di dalam map dan disusun di rak-rak yang ada di lantai 2 gudang.

Untuk keamanan, tak terlihat ada satu buah pun alat pemadaman api ringan (APAR) yang bisa cepat dijangkau jika sewaktu-waktu musibah kebakaran tiba.

Padahal, ribuan arsip ini adalah gerbang terakhir manakala semua berkas yang dipegang warga sudah hilang dan tak lagi bisa ditemui. Dan berkas yang ada sudah disimpan sejak tahun 1942 silam.

Hari Soehariyoko, Kepala Seksi Kelahiran dan Kematian Disdukcapil Samarinda mengatakan, jika bicara ideal maka harusnya semua arsip yang ada di Disdukcapil dibangunkan sebuah gedung baru.

Gudang yang ada ini kata dia, sudah berumur lebih dari 15 tahun. Pihaknya sudah beberapa kali mengusulkan pembangunan gedung baru dan belum diwujudkan hingga saat ini.

Halaman
12
Penulis: Doan E Pardede
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved