Enjoy Kaltim

Ingin Liburan Dengan Anak-Anak Anda, Ini Panduannya

Pengelompokan anak-anak dari usia yang sama, dikombinasikan dengan aturan baru dan beberapa bimbingan kreatif dengan pemandu ahli

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO
Wisatawan mengunjungi lokasi wisata Pura Ulu Watu, Bali 

TRIBUNKALTIM.CO – Terkadang sebagai orangtua sangatlah tidak mudah untuk mengatur liburan bagi anak-anak. Saat ini tidak sedikit orangtua mempercayakan perjalanan liburan tahunan keluarga kepada ahlinya.

Seperti dilansir kompas.com, hal tersebut untuk menghemat waktu dan mengekspos anak-anak mereka dengan pengalaman yang lebih beragam. Tapi orangtua tidak sepenuhnya bebas. Berikut adalah panduan memilih liburan untuk anak-anak:

Keluarga dengan anak-anak remaja akan senang dengan perjalanan apapun asal ada aspek yang menarik bagi semua anggota keluarga.

Ketika seorang pelancong bernama Penny Putnam mencari perjalanan yang akan melibatkan dirinya dan suaminya yang sama-sama penggemar sejarah, dan anak laki-lakinya yang berusia 13 tahun, ia menemukan tur di Turki dari sebuah biro perjalanan wisata yang mengkombinasikan snorkeling di pesisir reruntuhan dan mengunjungi bangunan arsitektur.

Pilih perjalanan dengan anak-anak yang seusia dengan anak Anda.

“Pengelompokan anak-anak dari usia yang sama, dikombinasikan dengan aturan baru dan beberapa bimbingan kreatif dengan pemandu ahli, biasanya menghasilkan formula yang ajaib“ kata Peter Grubb, pendiri sebuah operator tur ROW Adventures.

Memeriksa jadwal

(Baca juga: Mengenang Kawasan Wisata Belanja Citra Niaga )

“Jika ada bayi dan anak-anak kecil, pertimbangkan untuk mendasarkan diri kita pada satu tempat. Anak di atas 6 tahun dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya dan perlu lebih banyak kegiatan yang diawasi dengan teman-teman atau saudara,“ saran Kathy Stewart, relasi publik dan direktur media di Butterfield & Robinson.

Anak-anak usia sekolah dasar menikmati perjalanan yang dirancang secara khusus untuk keluarga. Hal terbaik adalah ketika ada keseimbangan antara adanya kegiatan kolektif, saat bersenang-senang, dan waktu untuk berkembang.

Membuat perencanaan dengan keluarga

Buat anak-anak tetap seprima mungkin dengan membaca buku, menonton film, atau membuat sarapan yang cocok ketika berpergian. Dan pastikan orang-orang mengerti dan dapat berkompromi ini adalah esensi dari perjalanan.

"Anda tidak bisa menyenangkan semua orang. Tapi dengan mempertimbangkan banyak hal, kita dapat mendekat pada mereka," kata Carol Austin dari operatur tur Lehman Adventures.

Pertimbangkan keberangkatan yang lebih privat

Panduan terakhir dari panduan untuk memilih liburan anak-anak adalah jika keluarga Anda adalah grup besar, terutama keluarga multigenerasi, mungkin lebih menyukai keberangkatan yang lebih privat.

“Perusahaan-perusahaan terbaik membangun banyak fleksibilitas dalam setiap jadwal dengan berbagai kegiatan untuk anak-anak dan orang dewasa,” kata Alison Iles, manajer perjalanan keluarga di Backroads.

***

UPDATE berita eksklusif, terkini, unik dan menarik dari Kalimantan. Like fb TribunKaltim.co  Follow  @tribunkaltim, Tonton Video Youtube TribunKaltim

Editor: Martinus Wikan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved