Diet

Mau Langsing Terus? Ini Cara Rahasianya

Apakah itu bakat lahir atau pola hidup? Ketahuilah, orang yang tubuhnya terlihat selalu langsing, sebenarnya punya empat kebiasaan ini.

Mau Langsing Terus? Ini Cara Rahasianya
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO - Ada orang yang kelihatannya mudah sekali mencapai berat ideal dan mudah juga mempertahankannya. Apakah itu bakat lahir atau pola hidup? Ketahuilah, orang yang tubuhnya terlihat selalu langsing, sebenarnya punya empat kebiasaan seperti di bawah ini.

1. Menjauh dari komputer

Salah satu yang paling asyik dari jam makan siang adalah Anda bisa jalan-jalan keluar, menjauh sejenak dari komputer dan meja kerja. Selain itu, menurut American Journal of Clinical Nutrition, makan siang di luar bisa mendorong Anda makan lebih sedikit ketimbang makan sambil main solitaire di komputer.

Para ahli meneliti dua grup relawan, grup satu hobi makan siang tanpa meninggalkan komputer, sedangkan grup dua lebih memilih makan di luar. Ketika diteliti, ternyata grup dua merasa lebih kenyang dan lebih tidak terdorong ngemil sore dibanding grup satu.

2. Pilih makanan yang banyak mengandung air

Makanan yang banyak mengandung air seperti sup, salad, semangka, mentimun, dapat membuat kenyang, namun dengan sedikit kalori yang masuk ke tubuh. Menariknya, makan sambil minum tidak memberi efek yang sama.

Jadi, biasakan makan sup atau salad dulu (hati-hati dengan pilihan dressingnya) sebelum masuk ke menu utama. Ada penelitian yang menunjukkan, orang yang minum dua gelas air sebelum makan dapat menurunkan berat badan lebih banyak dibanding yang tidak minum air sebelum makan.

Baca: Buat Bunda Tersayang, Inilah Cara Mudah Kembali Langsing Paska ...

3. Bayangkan Anda makan sebelum mengambil makanan

Ada teman kantor membawa sekotak donat favorit semua orang dan meletakkannya di tempat yang mudah dijangkau, kemudian mempersilakan semua orang menikmatinya. Sebelum tangan Anda mengambil satu, tahan diri dulu. Tutup mata dan bayangkan Anda sudah mengambil donat itu dan kini Anda sedang mengunyahnya pelan-pelan. Nah, sekarang buka mata dan Anda akan menemukan bahwa keinginan yang tadi menggebu-gebu untuk menyantap donat telah turun drastis. Menurut para ahli, visualisasi seperti ini dapat menekan keinginan untuk makan berlebih.

Halaman
12
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved