Travelling dan Kuliner

Mengenang Putri Mandalika di Pasir Putih di Pantai Kuta Lombok

SELAMA ini wisatawan mengenal Pantai Kuta merupakan obyek wisata pantai di Pulau Bali. Jangan salah, Pantai Kuta ternyata juga ada di Pulau Lombok

Mengenang Putri Mandalika di Pasir Putih di Pantai Kuta Lombok
TRIBUN KALTIM/Sumarsono
Pantai Kuta Lombok 

TRIBUNKALTIM.CO - SELAMA ini wisatawan mengenal Pantai Kuta merupakan obyek wisata pantai di Pulau Bali. Jangan salah, Pantai Kuta ternyata juga ada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pantai ini berada di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Para wisatawan akan disuguhi pemadangan nan indah saat memasuki kawasan Pantai Kuta.

PANTAI Kuta Lombok memiliki hamparan pasir pantai berwarna putih yang sangat halus dengan air laut nan jernih. Pengunjung bisa melihat pemandangan bawah lautnya. Tak jauh dari Pantai Kuta terdapat bukit yang bernama Bukit Mandalika. Bukit yang berada di tengah lautan ini tampak indah dilihat dari Pantai Lombong. Sejumlah nelayan akan menawarkan kepada wisatawan untuk mengunjungi Bukti Mandalika sekadar foto dengan pemadangan laut yang indah.

BACA JUGA: Menghilangkan Jenuh dan Stres Datang ke Kampung Nelayan Belawan, Semua Serba Segar

Bagi wisatawan yang membawa keluarga, wilayah pantainya sangat aman untuk melakukan kegiatan main air seperti mandi atau berenang. Untuk Anda yang suka olahraga air juga tersedia fasilitas seperti banana boat, windsurfer dan jetski.

Selain menikmati olahraga air dan keindahan alamnya tak jauh dari Pantai Lombok, pada bulan Februari dan Maret, para wisatawan bisa melihat langsung upacara Bau Nyale yang digelar setahun sekali. Lokasinya berada di Pantai Seger sekitar 2 km sebelah timur Pantai Kuta. Upacara Bau Nyale merupakan acara menangkap cacing nyale oleh masyarakat setempat untuk mengenang kisah Putri Mandalika yang diperebutkan oleh tiga pria.
"Masyarakat Lombok Tengah turun ke pantai ramai-ramai menangkap cacing nyale. Seluruh sekolah diliburkan. Jalanan macet, karena wisatawan dan warga menuju satu titik ke Pantai Seger," ujar Ardi, warga sekaligus menjadi pemandu wisata.

BACA JUGA: Niagara Mini Indonesia Tempat Favorit Pecinta Fotografi

Di tengah-tengah kemeriahan upacara Bau Nyale, juga digelar aneka hiburan. Mulai hiburan yang menampilan kesenian daerah hingga menghadirkan artis-artis ibukota.Tidak aneh, jika pada bulan Februari-Maret merupakan puncak kunjungan wisatawan ke Lombok, selain hari libur sekolah.
Untuk transportasi ke Pantai Kuta Lombok hanya memerlukan waktu sekitar 1 sampai 2 jam jika dari Kota Mataram. Agar tidak mengalami kesulitan dalam perjalanan lebih baik Anda menyewa atau membawa kendaraan sendiri karena angkutan umum cukup susah. Biaya sewa mobil sehari Rp 500 ribu an, Anda bisa keliling beberapa obyek wisata di luar Pantai Kuta.

Pantai Kuta Lombok sering dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk urusan penginapan, mulai harga murah kelas home stay hingga hotel berbintang. Untuk urusan makan juga tersedia banyak cafe, bar, restoran dan rumah makan tradisional. (*)

Netizen yang baik hati, kunjungi juga twitter kami @tribunkaltim serta Tonton Video YoutubeTribunKaltim

Penulis: Sumarsono
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved