Breaking News:

BPJS Ketenagakerjaan Bayar Klaim Peserta yang Baru Dua Bulan Menjadi Anggota

Karena hingga saat ini masih ada masyarakat yang belum mengerti manfaat dari jaminan sosial ketenagakerjaan.

Penulis: Rudy Firmanto | Editor: Kholish Chered
TRIBUN KALTIM / RUDY FIRMANTO
Sunaryo saat secara simbolis menerima santunan Rp 24 juta dari BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota Balikpapan, Kamis (16/2/2017). 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Rudy Firmanto

TRIBUNKALTIM.CO,BALIKPAPAN - Kejadian yang menimpa Sunaryo (54), 12 November 2016 lalu, masih sangat melekat dibenaknya.

Bagaimana tidak, ia mengalami kecelakaan kerja yang mengakibatkan tangan kirinya harus diamputasi akibat luka bakar serius.

"Jadi saat kejadian saya sedang renovasi rumah. Posisi di atap, saya terkena kabel listrik yang kemungkinan kondisinya terbuka. Akhirnya saya tersengat dan terpental, tangan mengalami luka bakar serius hingga mengering," katanya saat ditemui Tribun Kaltim di Hotel Novotel saat penyerahan santunan oleh BPJS Ketenagakerjaan cabang Balikpapan, Kamis (16/2/2017).

Akhirnya Sunaryo harus menjalani perawatan di Rumah Sakit Siloam dan Rumah Sakit Umum untuk penanganan lukanya.

Sebagai buruh kasar, saat itu Sunaryo tak memiliki dana cukup. Hasil pemeriksaan, tangan kirinya harus diamputasi karena sudah tidak bisa diobati lagi.

"Awalnya hanya jari saja yang mau diamputasi. Ternyata pergelangan tangan juga sudah membusuk sehingga tak bisa lagi diselamatkan. Saya bingung dokter bilang harus operasi, sedangjan saya tak punya tabungan saat itu" ujarnya.

Untungnya 2 bulan sebelumnya, ia sudah terdaftar sebagai peserta jaminan sosial ketenagakerjaan. Sehingga seluruh biaya operasi dan perawatan di dua rumah sakit ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan cabang Balikpapan.

Sunaryo menceritakan awal mula menjadi peserta BPJS Ketenagkerjaan.

Saat itu pihak RT di tempatnya tinggal mengadakan pertemuan dengan warga yang ternyata membahas terkait pentingnya terdaftar menjadi peserta jaminan sosial ketenagakerjaan.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved