Berita Video

Karya Kaligrafi Terbaik Dipamerkan di Rumah Kaligrafi Pulau Kumala

"Terus terang tadi saya grogi waktu menulis kaligrafi karena tidak mudah, mereka yang punya bakat di bidang kaligrafi ini memang harus

Karya Kaligrafi Terbaik Dipamerkan di Rumah Kaligrafi Pulau Kumala
TRIBUN KALTIM / RAHMAD TAUFIK
Plt Bupati Kukar Edi Damansyah didampingi Kadis Pariwisata Sri Wahyuni melihat beberapa lukisan kaligrafi di Rumah Kaligrafi Kukar yang baru diresmikan di Pulau Kumala Tenggarong, Minggu (17/6/2018) 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Rumah Kaligrafi Kukar diluncurkan serta diresmikan oleh Plt Bupati Kukar Edi Damansyah di Pulau Kumala Tenggarong, Minggu (17/6/2018). Beberapa karya kaligrafi terbaik bikinan para generasi muda yang tergabung dalam Komunitas Kaligrafer Kukar juga dipamerkan di Rumah Kaligrafi ini.

Edi berharap, kehadiran rumah kaligrafi bisa membawa berkah bagi Pulau Kumala yang selama ini menjadi destinasi wisata unggulan di Kukar, sekaligus dalam upaya melakukan syiar Islam.

Bahkan dalam peresmian Rumah Kaligrafi ini, Edi didaulat untuk menggoreskan tinta di atas sketsa kaligrafi yang di siapkan panitia.

Baca Juga :

Hari Ketiga Lebaran, Terminal Sungai Kunjang Masih Sepi

Libur Lebaran, Islamic Center Masih Diminati Warga Samarinda

Hilang Sejak Kemarin Sore, RW Ditemukan Sudah Tak Bernyawa di Bibir Pantai

Edi mengaku grogi saat menggoreskan tinta dalam sebuah lafad Bismillah.

"Terus terang tadi saya grogi waktu menulis kaligrafi karena tidak mudah, mereka yang punya bakat di bidang kaligrafi ini memang harus memahami makna tulisan Quran dan bisa mengaji," ujarnya.

Menurutnya, kaligrafi merupakan cabang yang menyumbang angka tertinggi bagi kafilah Kukar dalam ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Kaltim. Sehingga Kukar meraih juara umum selama 2 tahun berturut-turut.

Terpisah Ketua Komunitas Kaligrafer Kukar Muhammad Ja'far mengatakan, anggota komunitas kaligrafer di Kukar ini berjumlah 60 orang, namun saat ini belum semua kaligrafer dari 18 kecamatan ikut bergabung.

Berbagai macam kaligrafi dipajang di rumah kaligrafi, seperti bentuk dekoratif yang kerap dipajang di masjid dan musala, kaligrafi kontemporer yang isinya tentang lukisan kekinian, kaligrafi hiasan mushaf berupa sampul Quran, serta kaligrafi naskah yang sama isinya di dalam Quran.

 Komunitas kaligrafer Kukar sendiri terbentuk pada 4 Februari 2018. "Kami membuka diri bagi masyarakat Kukar yang ingin belajar seni kaligrafi," ucap Ja'far. Selain dipamerkan, beberapa karya kaligrafi di Rumah Kaligrafi ini juga dijual.

Simak Videonya :

(*)

Penulis: Rahmad Taufik
Editor: Arif Fadilah
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved