Breaking News:

Wujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Uniba Perpanjang MoU dengan Pemkot Balikpapan

Rektor Uniba, Piatur Pangaribuan menjelaskan, penandatangan MoU tersebut merupakan penandatangan yang kedua kalinya bersama Pemkot Balikpapan.

TRIBUN KALTIM/ARIS JONI
Piatur Pangaribuan 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Aris Joni

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Universitas Balikpapan (Uniba) kembali melakukan perpanjangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan terkait kerjasama dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi diantaranya Pendidikan, Penelitian (Riset) dan Pengabdian ke Masyarakat.

Penandatangan MoU dilakukan di Kantor Walikota Balikpapan sekitar pukul 11.00 Wita, Senin, (13/8/2018).

Rektor Uniba, Piatur Pangaribuan menjelaskan, penandatangan MoU tersebut merupakan penandatangan yang kedua kalinya bersama Pemkot Balikpapan.

Diterangkannya, penandatanganan Mou pertama dilakukan pada awal kepemimpinannya di Uniba dua tahun lalu yakni tahun 2016.

Baca: Tes CPNS Tunggu Kajian Keuangan Negara? Ini Kata BKD Kalimantan Utara

"MoU pertama dalam waktu dua tahun sudah habis, jadi kita perpanjang lagi MoUnya,"ungkapnya.

Dikatakan Piatur, kerjasama tersebut dilakukan Uniba sebagai bentuk kepedulian untuk membantu Pemkot Balikpapan dalam meningkatkan efisiensi kerja dalam konteks pendidikan, penelitian serta pengabdian langsung ke masyarakat.

Lanjut Piatur, Uniba akan bersinergi dengan Pemkot Balikpapan dalam menangani permasalahan pendidikan, seperti terdapat ketidaksesuian dalam Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Menurutnya, aturan tersebut jika diperlukan untuk dilakukan judicial review maka Uniba bersama Pemkot Balikpapan akan mengkajinya.

Selain itu ucap Piatur, dalam bidang pengabdian masyarakat, khusunya lingkungan, dirinya tahun ini menurunkan sebanyak 850 mahasiswa KKN tiap tahunnya untuk membantu kegiatan masyarakat.

Baca: Rayakan Kemerdekaan, Swissbel-Inn Gelar Lomba Tradisional dan Sajikan Nasi Goreng Merah Putih

Selain itu juga bermanfaat untuk meringankan beban kerja pemkot Balikpapan ditengah kondisi keuangan daerah yang sedang lesu.

"Untuk pengabdian masyarakat, kita bisa ambil bagian dalam hal kebesihan lingkungan. Daripada pemerintah harus bayar orang untuk membersihkan lingkungan kota, lebih efisiennya kita bantu melalui mahasiswa KKN,"pungkasnya.

Diakuinya, respon Pemkot Balikpapan selama ini cukup baik dan mengapresiasi segala kegiatan yang dilaksanakan Uniba dalam membangun sinegritas dengan Pemkot Balikpapan.

"Yang pastinya hubungan kerjasama yang baik ini akan terus kita jalankan,"pungkasnya. (*)

Penulis: tribunkaltim
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved