Gempa dan Tsunami Sulteng

Turun Langsung ke Palu, Dubes AS Joseph Donovan Ceritakan Kondisi Warga dan Bantuan untuk Sulteng

Dubes Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Joseph Donovan bersama USAID mengunjungi Palu.

Turun Langsung ke Palu, Dubes AS Joseph Donovan Ceritakan Kondisi Warga dan Bantuan untuk Sulteng
TRIBUN KALTIM/ARIS JONI
Dubes AS untuk Indonesia saat berada di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan sekitar pukul 09.00 wita, Selasa, (16/10/2018) 

Turun Langsung ke Palu, Dubes AS Joseph Donovan Ceritakan Kondisi Warga dan Bantuan untuk Sulteng

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Aris Joni

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Dubes Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Joseph Donovan bersama USAID mengunjungi Palu sebagai bagian dari dukungan berkelanjutan dari Pemerintah AS bagi masyarakat yang terkena dampak gempa bumi dan tsunami yang mengguncang Sulawesi Tengah.

Saat sampai di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Joseph Donovan menceritakan perjalanannya dan progres bantuan Amerika Serikat untuk korban di Sulawesi Tengah (Sulteng). Selasa, (16/10/2018).

Dalam ceritanya, Joseph Donovan sangat apresiasi ketangguhan warga yang ia saksikan sendiri di lokasi bencana di Palu yang perlahan kembali bangkit setelah bencana yang besar tersebut.

Ridwan Kamil Serahkan Bantuan Rp 114 Juta dari Warganet untuk Keluarga Haringga Sirla

Namun untuk bangkit, para korban masih memerlukan bantuan para relawan baik lokal maupun internasional untuk masa yang akan datang.

"Saya juga bangga dengan para relawan dan TNI yang sigap memberikan bantuan keamanan dan organisasi kepada korban di sana," ujarnya.

Bantuan yang diberkan AS tersebut, sebagian merupakan bantuan swadaya masyarakat internasional yang berbasis di Indonesia seperti world vision yang membawa kembali ahli-ahli bencana berpengalaman ke Indonesia, seperti para ahli yang berada di nepal dan Suriah untuk kembali ke Palu untuk membantu korban.

"Tim ahli itu juga termasuk pegawai Indonesia dan pegawai asing. Selain itu dia juga memberikan bantuan logistik yang penting dan dibutuhkan," ungkapnya.

Jelang Lawan Persib Bandung, 7 Pemain Persebaya Absen dari Sesi Latihan

Diterangkan Joseph, bantuan pemerintah AS hingga saat ini sudah mencapai Rp 60 miliar, belum termasuk pengerahan tiga pesawat C130 beserta kru dan personelnya.

Halaman
12
Penulis: Aris Joni
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved