Dinas Kesehatan Kaltara Bangun Bapelkes, Tim Medis tak Perlu Dikirim Pelatihan di Samarinda

Dinas Kesehatan Kalimantan Utara akan mendirikan Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan.

Dinas Kesehatan Kaltara Bangun Bapelkes, Tim Medis tak Perlu  Dikirim Pelatihan di Samarinda
TribunKaltim.Co/Muhammad Arfan
Suasana di salah satu koridor RSUD Soemarno Sosroatmodjo, Bulungan diabadikan beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Dinas Kesehatan Kalimantan Utara akan  mendirikan Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan.

Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Utara Usman mengungkapkan, lokasi pembangunan mengambil tempat tak jauh dari Rumah Sakit Umum (RSUD) Soemarno Sosroatmodjo Bulungan, di Jalan Cenderawasih, Tanjung Selor. 

Bapelkes ini ditargetkan selesai awal tahun 2020. Dinas Kesehatan sendiri telah menyelesaikan feasibility studi dan detail engineering design dan anggaran yang disiapkan untuk pembangunan mencapai Rp 9,8 miliar.

"Anggaran itu untuk tahap kedua. Tahap pertama sudah dilakukan tahun lalu, mencakup pondasi dan kerangka-kerangkanya," kata Usman saat ditemui  Tribunkaltim.co di kantornya, Selasa (7/5/2019).

Bapelkes sangat dibutuhkan Kalimantan Utara untuk meningkatkan kompetensi tenaga-tenaga kesehatan yang bertugas di semua layanan kesehatan di provinsi ini.

Selama ini, Kalimantan Utara bergantung dengan Bapelkes Kalimantan Timur di Samarinda. Mendatangkan Master of Trainer dari Jakarta pun dinilai Usman kurang efektif.

"Setelah Bapelkes jadi, kita bisa merekrut MoT sendiri dari kalangan tenaga kesehatan yang ahli atau senior," sebut Usman.

"Kalau ini jadi, tidak jauh-jauh lagi mengirim dokter-dokter kita ikut pelatihan di Samarinda atau datangkan MoT. Cukup di sini saja. Selain dokter dan perawat, juga bisa dilaksanakan pelatihan-pelatihan tenaga fungsional lain," tambahnya.

Usman menambahkan, seiring perkembangan zaman, penyakit yang diderita masyarakat semakin kompleks. Gejala tersebut perlu diberengi dengan peningkatan keahlian dan mutu tenaga kesehatan agar bisa melayani pasien dengan maksimal.

"Pendidikan dan pelatihan yang diberikan di Bapelkes itu akan tersistematis dan berbasis kompetensi. Jadi selesai mengikuti pelatihan, kami yakin tenaga kesehatan kita sudah ter-upgrade," katanya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved