10 Gembel Pengemis Terjaring Razia, Satpol PP Temukan Jimat. Untuk Apa?

Satpol PP Samarinda melakukan razia gepeng dan berhasil mengamankan 10 orang. Sejumlah barang bukti diamankan seperti handpone termasuk jimat

10 Gembel Pengemis Terjaring Razia, Satpol PP Temukan Jimat. Untuk Apa?
TribunKaltim.Co/HO/Satpol PP Samarinda
Barang bukti berupa jimat yang sempat diamankan oleh Satpol PP, pada penertiban gembel dan pengemis (gepeng) di beberapa kawasan, seperti di Pelabuhan Penumpang, Pasar Pagi dan Masjid Raya Darussalam, pada Minggu (5/5) lalu 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Memasuki bulan Ramadhan, Satpol PP Kota Samarinda melakukan penertiban gembel dan pengemis (gepeng) di beberapa wilayah Kota Samarinda.

Satpol PP Kota Samarinda melakukan penertiban di beberapa kawasan, seperti di Pelabuhan Penumpang, Pasar Pagi dan Masjid Raya Darussalam, pada Minggu (5/5) lalu.

Kegiatan penertiban yang bermula pada pukul 09.00 Wita hingga 13.00 Wita.

"Dari kegiatan tersebut, kami berhasil mengamankan 10 orang, 2 pria, 8 wanita," ujar Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum ( Kabid Trantibun) Satpol PP Kota Samarinda, Joshua Laden, Rabu (8/5).

Joshua mengatakan, pada penertiban tersebut, selain mengamankan 10 orang, Satpol PP juga menyita barang bukti yang diamankan berupa handphone, uang tunai, dan jimat.

Setelah dilakukan pendataan dari  Dinsos Kota Samarinda, kata Joshua, mereka ternyata  berasal dari Sulawesi, Madura dan Jawa, dan mereka  dipulangkan, Minggu lalu,

ke rumahnya masing-masing yang berdomisili di Samarinda.

"Barang Bukti sempat ditahan karena belum ada penjamin. Hari ini (8/5), ada satu orang yang mengambil uang, HP dan tas setelah dilakukan pendataan oleh PPNS Satpol PP," jelasnya.

TribunKaltim.co melihat barang bukti berupa jimat yang diamankan dari gepeng, dimana terlihat selembar kertas dengan tulisan arab gundul dan dua batang kayu kecil yang diikat dengan tali.

Ditanyai soal fungsi jimat yang disimpan gepeng, Joshua mengatakan , jimat tersebut digunakan sebagai alat pengasihan.

Halaman
12
Penulis: Aditya Rahman Hafidz
Editor: samir paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved