Hore, Kota Baru Mandiri Tanjung Selor Mulai Dibangun Awal 2020

Pembangunan fisik Kota Baru Mandiri (KBM) Tanjung Selor akan dimulai tahun depan.

Hore, Kota Baru Mandiri Tanjung Selor Mulai Dibangun Awal 2020
TribunKaltim.CO/HO
Masterplan Kota Baru Mandiri Tanjung Selor 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Pembangunan fisik Kota Baru Mandiri (KBM) Tanjung Selor akan dimulai tahun depan.

Hal ini ditegaskan Kepala Dinas PUPR Perkim Kalimantan Utara Suheriyatna melalui Kabid Cipta Karya, Sudjadi.

Sudjadi mengatakan, lahan yang sudah disiapkan untuk menggarap KBM Tanjung Selor sudah mencapai 500 hektare. Luas KBM Tanjung Selor akan mencapai 11 ribu hektare dan Pusat Pemerintahan Provinsi Kalimantan Utara di dalamnya mencapai 2.500 hektare.

"Untuk KBM kita sudah punya lahan bebas 500 hektare. Tetapi kita masih kurang pembiayaan atau pembayaran terhadap surat tanah yang ada," kata Sudjadi mendampingi Suheriyatna dalam 'Respons Kaltara' di Kedai 99 Tanjung Selor, Selasa (21/5/2019) sore menjelang berbuka puasa.

KBM Tanjung Selor akan digarap bersama-sama  sejumlah kementerian. Sedikitnya 12 kementerian, ditambah Gubernur Kalimantan Utara dan Bupati Bulungan diminta  Presiden Jokowi mempercepat realisasi KBM dengan mengambil langkah-langkah sesuai tugas,

fungsi, dan juga kewenangan masing-masing. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian didaulat mengkoordinasikan dan mengevaluasi pelaksanaan Instruksi Presiden ini secara reguler dan melaporkan hasilnya kepada Presiden.

Hal tersebut tertuang dalam Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2018 tentang Percepatan Pembangunan Kota Baru Mandiri Tanjung Selor. 

"Rapat terakhir kemarin bahwa kita sudah ada action plan. Action plan untuk fisik itu dimulai awal tahun 2020. Itu betul-betul mulai fisik. Dengan catatan, ada APBD kita masuk ke sana," ujarnya.

Dalam diktum ke-14 Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2018, Gubernur Kalimantan Utara diberi lima instruksi. Salah satunya, memprioritaskan alokasi anggaran dalam APBD untuk pembangunan KBM Tanjung Selor.

"Teman-teman di Bidang Permukiman dan Bina Marga sudah actiaon bikin rumah susun. Kemudian juga membuka jalan dan trasenya," ujarnya.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: samir paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved